Smart Home: Lebih dari Sekadar Desain “Futuristik”

Rumah dengan peralatan serba otomatis kini tidak hanya ada di film fiksi ilmiah saja. Seiring perkembangan teknologi,  konsep “smart home” untuk hunian pun semakin diminati. Secara sederhana, “smart home” atau “rumah pintar” adalah konsep rumah yang terintegrasi dengan berbagai perangkat teknologi untuk kemudahan dan kenyamanan penghuninya. Semua perangkat ini bisa diakses cukup dengan klik di gawai pemiliknya. Smart home lebih dari sekadar rumah berteknologi canggih. Sebelum menerapkannya, simak informasinya bersama Holcim.

  1. Pertimbangkan rancangan eksterior dan interior

Menciptakan rumah smart bisa dimulai dengan menghadirkan desain eksterior yang futuristik. Rancang desain luar bangunan dengan bentuk unik berbentuk geometris, kotak, bulat, atau asimetris untuk mempertegas kesan futuristik. Untuk interior, perhatikan sistem kelistrikan di rumah Anda. Anda akan perlu sistem kelistrikan yang aman dan stabil untuk mendukung kinerja “rumah pintar”, terutama untuk mematikan, menyalakan, dan mengatur peralatan rumah tangga mulai dari lampu, mesin cuci, hingga pendingin udara.

  1. Analisa kebutuhan Anda dan kondisi lingkungan sekitar

Analisa kebutuhan Anda dan keluarga. Siapa tahu Anda tidak harus menerapkan semua teknologi canggih ke dalam rumah Anda. Misalnya, jika Anda tinggal di hunian dengan sistem cluster dengan sistem keamanan 24 jam yang cukup ketat, lengkap dengan CCTV. Bisa jadi Anda cukup menambahkan fitur smart lock pada pintu masuk. Begitu juga jika Anda tinggal di kawasan yang cukup sejuk atau dataran tinggi. Bisa jadi Anda tak perlu sampai upgrade pendingin udara dengan integrated sytem terkini.

  1. Perhitungkan efisiensi energi

Salah satu tujuan penerapan teknologi terkini pada peralatan rumah tangga di “rumah pintar” adalah efisiensi konsumsi energi. Hal ini dapat berdampak langsung terhadap biaya hidup Anda dan keluarga. Untuk jangka panjang, “rumah pintar” bisa menghemat biaya listrik dan biaya hidup bulanan atau bahkan tahunan, dibanding rumah konvensional.

  1. Keseimbangan komponen sistem rumah

Ingat bahwa smart home yang liveable bukan cuma sekadar memasang peralatan canggih di tiap sudut rumah. Smart home adalah sebuah sistem yang dirancang untuk menghadirkan sebuah “ruang hidup” yang bisa dimanfaatkan oleh semua anggota keluarga, fungsional, hemat energi, ramah lingkungan, berkelanjutan hingga beberapa generasi mendatang, aman dan nyaman dihuni. Agar sistem “rumah pintar” bekerja dengan optimal, pertimbangkan keseimbangan masing-masing komponen hunian, mulai dari bagaimana rumah dirancang dan dibangun, pemilihan bahan bangunan, produk pengisi rumah, dan tentunya teknologi yang diterapkan.

Smart home kini sudah menjadi bagian perkembangan desain hunian masa depan dan mulai menjadi kenyataan. Agar smart home tetap kokoh dan nyaman dihuni hingga masa yang akan datang, dukung dengan struktur bangunan yang kuat, tahan lama dan minim keropos, menggunakan Semen PowerMax dari Holcim. Diformulasikan dengan Micro Filler Particle dan strength agent, PowerMax menghasilkan campuran yang konsisten dan pemadatan yang sempurna, mempermudah proses pengecoran dan mengurangi risiko perbaikan pekerjaan. Konsep “rumah pintar” Anda pun jadi bisa dinikmati hingga generasi berikutnya.

Artikel Terkait
Elemen-elemen Penunjang Gaya Industrial pada Hunian
16 March 2017

Dinding bata terlihat, tiang-tiang terpampang, bahkan pipa-pipa saluran AC malang melintang bebas di langit-langit ruangan.

5 Langkah Mudah Agar Sirkulasi Udara Dapur Lancar
16 March 2017

Ada banyak faktor yang mempengaruhi “kesehatan” dapur Anda. Selain faktor kebersihan dapur beserta perlengkapannya

Hunian Sejuk Dengan Tren Warna 2017: Greenery
16 March 2017

Nature never goes out of style. Terinspirasi dari alam, kombinasi warna antara hijau dan kuning atau “Greenery” pun dipilih oleh perusahaan periset warna

Simulasikan Biaya dengan Jurnal Rumah

Dengan Jurnal Rumah, membangun rumah terasa lebih menyenangkan. Gunakan fitur Simulasi Biaya untuk menghitung estimasi biaya pembangunan rumah impian Anda.

MULAI >
Produk

Holcim hadir memberikan solusi lengkap untuk bahan bangunan, mulai dari semen, beton siap pakai, hingga produk agregat.

Cari Tahu