KONSEP>INSPIRASI

Rumah Cantik Sambut Ramadan dalam 5 Langkah  

Selain menyiapkan hati dan fisik, siapkan juga rumah untuk menyambut datangnya bulan penuh berkah. Tidak perlu berbenah besar-besaran, cukup berikan sedikit sentuhan kreatif ke dalam hunian lewat 5 langkah mudah berikut:

  1. Ganti warna dinding

Ingin tampilan rumah berubah seketika jelang Ramadan? Cara paling efektif adalah dengan mengganti warna cat dinding. Anda bisa mengganti cat pada salah satu ruangan atau seluruh bagian ruangan.

Yang bisa Anda lakukan:

  • Pilih warna yang sesuai karakter Anda, atau pilih warna sesuai tema yang ingin Anda aplikasikan pada hunian. Apabila Anda menyukai nuansa yang lembut, gunakan warna natural seperti nuansa warna tanah, krem, atau coklat. Namun jika ingin membuat tampilan rumah lebih segar, Anda bisa menggunakan warna-warna cerah, seperti merah dan kuning.
  • Pilih jenis cat yang memberikan tampilan sesuai dengan keinginan Anda, baik matte, memberikan sedikit kilau, atau justru memberikan kilau maksimal.
  1. Manfaatkan wallpaper atau stiker dinding

Tak punya waktu mengganti warna cat dinding namun ingin mengubah suasana rumah jelang Ramadan? Caranya mudah, cukup berkreasi dengan wallpaper atau stiker dinding. Dengan wallpaper dan stiker dinding, Anda bebas memilih motif yang sesuai dengan karakter Anda atau dengan tema ruangan.

Yang bisa Anda lakukan:

  • Sama seperti cat dinding, Anda bisa menggunakan wallpaper untuk satu bagian dinding saja atau untuk seluruh ruangan. Lakukan perhitungan yang tepat agar Anda bisa menentukan berapa wallpaper yang akan dibutuhkan.
  • Sebagai alternatif dari wallpaper, Anda bisa mempercantik ruangan dengan stiker dinding atau wall sticker. Namun pastikan lem pada stiker dinding yang akan Anda gunakan tidak merusak cat.
  1. Atur ulang letak furnitur

Ingin mengubah tampilan ruangan tapi tak ingin pusing dengan keuangan? Mudah saja. Anda cukup mengubah denah ruangan dengan mengubah letak perabotan.

Yang bisa Anda lakukan:

  • Agar perubahannya kentara, Anda bisa memindahkan atau mengatur ulang letak perabotan berukuran besar, seperti sofa, lemari, dan rak.
  • Anda juga bisa mengubah mood ruangan cukup dengan menggeser ornamen atau aksesoris seperti lukisan, vas bunga, dan pajangan dinding.
  • Usahakan Anda memindahkan furnitur dengan posisi cukup jauh dari posisi semula agar perbedaannya bisa terlihat.
  • Sebelum mengubah denah ruang, ukur perabotan dan gambar rencana perubahan Anda bila perlu sebagai panduan.
  1. Ganti Karpet

Tahukah Anda, karpet adalah salah satu ornamen yang bisa mempengaruhi suasana ruangan seketika. Warna dan corak pada karpet bisa membuat ruangan menjadi tampak berbeda dan lebih hidup. Anda juga bisa menghadirkan suasana ruangan yang berbeda dengan menggunakan karpet yang tidak biasa Anda gunakan di rumah, baik berbeda bentuk, material, warna, maupun motif.

Yang bisa Anda lakukan:

  • Sebelum memutuskan mengganti karpet, sesuaikan warna dan motif karpet dengan konsep ruangan.

 

  1. Beri sentuhan baru untuk sofa

Sofa adalah elemen penting dalam sebuah ruangan, terutama untuk ruang tamu atau ruang keluarga. Karena itu, sadar tak sadar, perubahan pada sofa bisa memengaruhi tampilan keseluruhan ruangan.

Yang bisa Anda lakukan:

  • Cara pertama yang perlu dilakukan yaitu dengan mengubah warnanya. Pastikan warna yang baru dipilih sangat berbeda dengan warna sebelumnya. Jika memiliki budget ekstra, Anda bisa membeli sofa baru dengan warna berbeda. Pastikan warnanya berpadu harmonis dengan warna ruangan.
  • Apabila tak ingin repot dan mengeluarkan dana ekstra, Anda dapat menggunakan kain atau selimut bermotif, lalu sampirkan pada lengan atau sandaran sofa. 

Anda bisa melakukan kelima langkah di atas, atau cukup beberapa di antaranya. Yang terpenting bebaskan kreativitas Anda dalam mempercantik rumah menyambut Ramadan.

 

 

Artikel Terkait
Elemen-elemen Penunjang Gaya Industrial pada Hunian
Thursday, 16.03.2017

Dinding bata terlihat, tiang-tiang terpampang, bahkan pipa-pipa saluran AC malang melintang bebas di langit-langit ruangan.

5 Langkah Mudah Agar Sirkulasi Udara Dapur Lancar
Thursday, 16.03.2017

Ada banyak faktor yang mempengaruhi “kesehatan” dapur Anda. Selain faktor kebersihan dapur beserta perlengkapannya

Hunian Sejuk Dengan Tren Warna 2017: Greenery
Thursday, 16.03.2017

Nature never goes out of style. Terinspirasi dari alam, kombinasi warna antara hijau dan kuning atau “Greenery” pun dipilih oleh perusahaan periset warna

Rencanakan dengan Jurnal Rumah

Mewujudkan rumah impian Anda
dimulai dari sekarang. Dengan Jurnal Rumah, Anda dapat
merencanakan pembangunan rumah dengan mudah dan lebih terstruktur.

Mulai
Produk

Semen Holcim dengan Micro Filler Particle

Cari Tahu