Rumah Asri di Tengah Kota, Mungkinkah?

Suasana asri seolah di pedesaan, segar dan bersih di tiap sudutnya akan mengoptimalkan fungsi rumah sebagai tempat beristirahat dan berkumpul yang nyaman. Meski lokasi hunian Anda ada di kawasan urban dengan lahan yang terbatas, tak susah kok, menghadirkan suasana sejuk khas pedesaan. Kuncinya, kreativitas saat mendesain.

Jika luas rumah Anda terbatas, tak perlu menghadirkan keteduhan di tiap ruangan, cukup ‘mendandani’ per area rumah. Berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan adalah mendandani rumah per area. Seperti apa saja sih?

  1. Mendesain fasad menarik dengan keramik bertekstur

Mempercantik fasad penting karena fasad akan membentuk kesan pertama tentang rumah Anda. Untuk menampilkan kesan asri, Anda bisa menggunakan keramik dengan motif bebatuan agar terkesan natural. Gunakan keramik bertekstur kasar pada lantai untuk mengurangi risiko tak diinginkan seperti kemungkinan terpeleset karena lantai licin saat hujan. Untuk menambah kesan alami, gunakan pot-pot tanaman hias sebagai pembatas area fasad. Perkuat aksen natural dengan misalnya menggunakan tanaman gantung, lampu model klasik, atau cat dengan warna-warna netral atau warna tanah. Hindari menutup fasad dengan material yang menghalangi sirkulasi udara.     

 

  1. Cermat memilih warna dan ukuran furnitur

Keasrian identik dengan keselarasan. Untuk menghasilkan kesan lapang dan asri, pilih warna-warna netral yang terang, seperti putih atau warna-warna pasir. Saat akan memilih furnitur, pilih warna furnitur yang seragam sesuai dengan warna ruang. Jika Anda ingin warna yang berbeda sebagai aksen, pilih warna yang masih berada dalam satu gradasi warna dengan warna ruangan. Perhatikan juga ukuran perabotan. Sesuaikan dengan luas ruangan agar pergerakan Anda tidak terhambat dan ruang tak terasa ‘penuh’.

  1. Menghadirkan tanaman hias

Warna hijau tumbuhan memang menghasilkan kesan asri seketika. Tanaman akan membantu menjaga sirkulasi udara agar segar sekaligus ‘menyejukkan’ mata. Pilih tanaman yang mudah dipelihara dan tata semenarik mungkin. Rawat dan jaga kesehatan tanaman, tempatkan di area-area seperti teras, ruang keluarga, ataupun sebagai pagar hidup.

  1. Manfaatkan wallpaper bernuansa alam

Kini motif wallpaper sangat beragam, membuat Anda makin bebas berkreasi mempercantik ruangan. Wallpaper berfungsi serupa dengan cat dinding. Karena itu jika Anda memilih menggunakan wallpaper,  warna wallpaper akan menjadi warna dominan ruangan. Untuk menumbuhkan kesan asri, pilih motif dan warna wallpaper beraksen natural, seperti nuansa hijau atau motif dedaunan.

  1. Memanfaatkan pencahayaan alami

Di pagi hingga sore hari, sebisa mungkin manfaatkan sinar alami dan kurangi penggunaan penerangan elektrik. Atur agar tak ada perabotan yang menghalagi keluar masuk cahaya. Untuk malam hari, gunakan cahaya lampu dengan pendar warna putih untuk kesan lapang.

Apapun kreasi Anda untuk menghadirkan kesan asri pada ruangan, dukung dengan dinding yang kokoh, rapi, dan minim retakan. Holcim WallMax dengan Micro Filler Particle dan ‘smoothing agent’ yang memudahkan pekerjaan dinding menjadi lebih cepat dengan hasil lebih baik. Perkuat dinding dengan struktur bangunan yang halus dan minim keropos, bersama Holcim PowerMax yang diformulasikan dengan Micro Filler Particle dan ‘strength agent’.

Bersama Holcim WallMax dan Holcim PowerMax, jadikan rumah asri Anda tempat ternyaman dan bisa dinikmati hingga anak cucu kelak.

Artikel Terkait
Elemen-elemen Penunjang Gaya Industrial pada Hunian
16 March 2017

Dinding bata terlihat, tiang-tiang terpampang, bahkan pipa-pipa saluran AC malang melintang bebas di langit-langit ruangan.

5 Langkah Mudah Agar Sirkulasi Udara Dapur Lancar
16 March 2017

Ada banyak faktor yang mempengaruhi “kesehatan” dapur Anda. Selain faktor kebersihan dapur beserta perlengkapannya

Hunian Sejuk Dengan Tren Warna 2017: Greenery
16 March 2017

Nature never goes out of style. Terinspirasi dari alam, kombinasi warna antara hijau dan kuning atau “Greenery” pun dipilih oleh perusahaan periset warna

Simulasikan Biaya dengan Jurnal Rumah

Dengan Jurnal Rumah, membangun rumah terasa lebih menyenangkan. Gunakan fitur Simulasi Biaya untuk menghitung estimasi biaya pembangunan rumah impian Anda.

MULAI >
Produk

Holcim hadir memberikan solusi lengkap untuk bahan bangunan, mulai dari semen, beton siap pakai, hingga produk agregat.

Cari Tahu