Renovasi atau Membangun Ulang?

Menyambut tahun baru, mungkin Anda ingin juga membuat suasana baru di rumah Anda. Selain mengubah interior, jika Anda ingin benar-benar mengganti suasana rumah, akan lebih terasa perbedaannya jika melakukan renovasi atau membongkar dan membangun ulang bagian-bagian di rumah yang dirasa perlu pemugaran. Namun sebelum melakukan pemugaran, Anda perlu memikirkan berbagai hal - apakah lebih baik renovasi yang sudah ada saja, atau membongkar total dan membangun ulang. Namun apa saja yang perlu dipertimbangkan? Lihat di bawah ini.

  1. Durasi pembangunan

Lama pembangunan bagian yang direnovasi ataupun dibongkar ulang juga akan mempengaruhi kenyamanan Anda beraktivitas di rumah dan juga kelancaran dari kegiatan sehari-hari Anda lainnya. Apalagi jika Anda berencana untuk mengubah ruangan yang setiap hari Anda gunakan, seperti kamar tidur atau dapur. Pertimbangkan kemungkinan jika Anda dan keluarga harus ‘mengungsi’ sementara ke tempat lain. Hal ini tentu akan sangat berpengaruh pada anggaran yang digunakan.

  1. Anggaran

Selain durasi pembangunan, anggaran yang Anda miliki akan mempengaruhi apakah Anda bisa membongkar dan membangun dari awal atau hanya merenovasi yang sudah ada. Renovasi dan membangun ulang sama-sama memiliki pro dan kontra. Saat membuat anggaran, tentukan prioritas, bagian mana yang cukup ‘dipercantik’, atau perlu dirombak total sehingga Anda juga bisa merencanakan jumlah anggaran yang harus dipersiapkan. Yang paling penting, jangan memaksakan sampai melebihi anggaran, karena malah akan membuat proses pembangunan terbengkalai dan mempengaruhi kenyamanan Anda.

  1. Dampak pada bagian lain dari rumah

Apabila yang Anda inginkan adalah untuk mengubah beberapa bagian tertentu di rumah Anda, pastikan Anda juga memikirkan ‘nasib’ dari area sekitarnya. Misalnya, saat Anda ingin mengganti pintu depan rumah dengan yang lebih modern. Anda harus memperhatikan apakah penggantian pintu akan mempengaruhi dinding rumah dan atap di atasnya.

Jadi, apakah Anda sudah dapat memutuskan apa yang akan Anda lakukan untuk mempercantik rumah Anda? Apapun itu, jangan ragu untuk mengambil keputusan dan gunakan hanya bahan-bahan bangunan dengan kualitas terbaik.

Artikel Terkait
Elemen-elemen Penunjang Gaya Industrial pada Hunian
16 March 2017

Dinding bata terlihat, tiang-tiang terpampang, bahkan pipa-pipa saluran AC malang melintang bebas di langit-langit ruangan.

5 Langkah Mudah Agar Sirkulasi Udara Dapur Lancar
16 March 2017

Ada banyak faktor yang mempengaruhi “kesehatan” dapur Anda. Selain faktor kebersihan dapur beserta perlengkapannya

Hunian Sejuk Dengan Tren Warna 2017: Greenery
16 March 2017

Nature never goes out of style. Terinspirasi dari alam, kombinasi warna antara hijau dan kuning atau “Greenery” pun dipilih oleh perusahaan periset warna

Simulasikan Biaya dengan Jurnal Rumah

Dengan Jurnal Rumah, membangun rumah terasa lebih menyenangkan. Gunakan fitur Simulasi Biaya untuk menghitung estimasi biaya pembangunan rumah impian Anda.

MULAI >
Produk

Holcim hadir memberikan solusi lengkap untuk bahan bangunan, mulai dari semen, beton siap pakai, hingga produk agregat.

Cari Tahu