Menyulap Rumah Jadi Tempat Usaha

Berencana mengembangkan bisnis pribadi dengan membuka offline store tahun ini? Anda bisa menghemat biaya dengan ‘menyulap’ salah satu ruangan di rumah menjadi toko. Sebelum memutuskan membangun dan mengubah rumah menjadi tempat usaha, simak tips berikut dari Holcim.

  1. Pertimbangkan sistem perkabelan dan kebersihan

Sebelum merenovasi rumah menjadi tempat usaha, pastikan sistem perkabelan tidak berantakan. Selain berbahaya, kabel yang berantakan juga membuat calon pembeli potensial Anda jadi tidak nyaman. Kebersihan juga tidak kalah penting. Jika Anda berbisnis makanan atau minuman, perhatikan faktor sanitasi, terutama  pengelolaan sampah, pengolahan limbah, dan saluran pembuangan agar tidak mengganggu lingkungan sekitar.

  1. Sediakan akses keluar masuk

Karena menggunakan rumah tinggal, Anda harus memisahkan dengan jelas area hunian pribadi dengan area usaha. Misalnya Anda membuka toko dan memiliki karyawan, lengkapi area usaha Anda dengan kamar mandi khusus atau sediakan akses terpisah bagi karyawan ke kamar mandi bersama. Jika punya ruang ekstra, Anda bisa memisahkan antara rumah dengan ruang usaha dengan menjadikan ruang ekstra tersebut sebagai taman.

  1. Ciptakan atmosfer yang nyaman

Luas area rumah yang dijadikan tempat usaha biasanya tidak sebesar ruko atau rukan sewa. Karena itu terapkan desain minimalis agar ruangan terasa lapang, salah satunya dengan memilih furnitur multifungsi berdesain simpel. Selain itu, berikan nuansa ruang yang berbeda dengan cat dinding berwarna terang tapi tidak silau atau wallpaper dan hiasan lampu unik. Jangan lupa tambahkan unsur tanaman hijau agar ruangan terasa sejuk dan menyenangkan.

  1. Bangunan mencolok

Buat bagian depan atau tampilan depan rumah yang dijadikan tempat usaha terbuka agar terlihat siapapun yang melintas di depan rumah Anda. Anda bisa membuat etalase kaca, papan nama, atau neon box yang cukup besar. Anda juga bisa mengubah fasad hunian dengan arsitektur yang lebih modern.

  1. Siapkan area parkir

Rumah usaha yang baik selalu memperhatikan hal ini bila memungkinkan. Sediakan area parkir setidaknya untuk satu mobil atau beberapa motor untuk konsumen yang menghabiskan durasi cukup lama saat berkunjung di toko atau bisnis Anda. Siapkan area parkir di area yang paling tidak mengganggu aktivitas rumah, misalnya di bagian pojok lahan yang berbatasan dengan jalan.

Bila perlu, gunakan jasa arsitek atau desainer interior terpercaya agar desain ruang usaha Anda maksimal, baik dari segi fungsi maupun dari segi tampilan, dan tidak mengganggu aktivitas Anda bersama keluarga.

Artikel Terkait
Elemen-elemen Penunjang Gaya Industrial pada Hunian
16 March 2017

Dinding bata terlihat, tiang-tiang terpampang, bahkan pipa-pipa saluran AC malang melintang bebas di langit-langit ruangan.

5 Langkah Mudah Agar Sirkulasi Udara Dapur Lancar
16 March 2017

Ada banyak faktor yang mempengaruhi “kesehatan” dapur Anda. Selain faktor kebersihan dapur beserta perlengkapannya

Hunian Sejuk Dengan Tren Warna 2017: Greenery
16 March 2017

Nature never goes out of style. Terinspirasi dari alam, kombinasi warna antara hijau dan kuning atau “Greenery” pun dipilih oleh perusahaan periset warna

Rencanakan dengan Jurnal Rumah

Mewujudkan rumah impian Anda
dimulai dari sekarang. Dengan Jurnal Rumah, Anda dapat
merencanakan pembangunan rumah dengan mudah dan lebih terstruktur.

Mulai
Produk

Holcim hadir memberikan solusi lengkap untuk bahan bangunan, mulai dari semen, beton siap pakai, hingga produk agregat.

Cari Tahu