KONSEP>INSPIRASI

Hadirkan Desain Modern pada Dapur Minimalis dalam 5 Cara

Tentu ada kepuasan tersendiri ketika Anda memiliki rumah yang Anda bangun sendiri. Di dalam rumah Anda yang mungil, tentunya Anda ingin memanfaatkan setiap sudut dengan baik, bukan? Termasuk di dapur. Jadikan dapur Anda lebih dari sekedar tempat memasak dan menyiapkan makanan. Buat dapur juga jadi tempat menikmati waktu bersama keluarga dengan desain yang modern. Lihat tips di bawah ini untuk mendesain dapur Anda agar tampak modern, berapapun luas dapur Anda.

  1. Gunakan warna monokrom

Jalan pintas membuat dapur tampil lebih modern adalah dengan menghadirkan warna-warna monokrom. Gunakan warna putih untuk dinding agar dapur terkesan lapang. Dan gunakan warna hitam untuk sentuhan elegan pada bagian meja dan lemari dapur. Jangan buang meja dan lemari dapur yang sudah Anda miliki sebelumnya. Cukup cat ulang perabot dapur lama Anda dengan memanggil saja jasa tukang cat untuk mengubah warnanya menjadi monokrom.

  1. Pilih peralatan berdesain ramping dan berbahan metal

Jika Anda ingin membeli furnitur baru, pilih yang berdesain minimalis agar sesuai dengan nuansa dapur modern Anda. Peralatan dapur yang berukuran besar dan bulky dapat membuat dapur terasa semakin sempit dan tak terkesan modern. Jika dapur Anda berukuran tak terlalu luas, untuk menyiasatinya pilih perabotan yang ramping, kecil, dan kokoh.

Dapur yang bergaya modern, terasa kurang komplit tanpa sentuhan metal. Kesan modern pada dapur bisa hadir lewat perlengkapan dapur berbahan stainless steel yang dipadukan dengan warna hitam pada furnitur. Selain pada peralatan memasak, Anda bisa memasang aksen stainless steel pada handle kabinet dan pintu dapur. Tak hanya itu, rak piring, gantungan serbet hingga spatula juga bisa menggunakan bahan metal.

  1. Manfaatkan dinding untuk penyimpanan

Jika Anda memiliki ruangan dapur yang tidak terlalu besar, Anda harus pintar-pintar mengakali penempatan peralatan memasak. Dinding dapur bisa Anda manfaatkan untuk menyimpan alat memasak seperti panci dan penggorengan. Anda bisa memanfaatkan hook atau rak gantung (floating shelves).

Jika Anda ingin lebih memaksimalkan dinding dapur, Anda bisa memesan desain kabinet atau kitchen set yang didesain khusus untuk dapur di rumah. Anda bisa memesan kabinet yang menyentuh langit-langit ruangan sebagai bagian dari kitchen set Anda. Dengan begitu, Anda bisa memiliki ruang penyimpanan yang maksimal yang bisa didapatkan dari luas ruangan dapur Anda. Namun Anda harus ingat, kabinet yang tinggi membuat Anda memerlukan tangga lipat untuk mencapai laci teratas.

  1. Variasi lantai dapur

Jangan sampai lantai dapur luput dari perhatian Anda. Untuk kesan modern elegan, Anda bisa memilih warna hitam dengan sentuhan mengilap atau glossy, misalnya dari marmer. Pilihan lain, lantai hitam putih bermotif geometris akan membuat dapur semakin modern. Agar terkesan lapang, pilih ubin berukuran besar agar dapur nampak semakin modern dan ruangan terkesan lapang.

 

  1. Pilih warna-warna terang

Cara terakhir yang dapat membuat dapur Anda terlihat modern dan tampak lapang adalah menggunakan warna-warna terang sebagai aksen. Anda bisa mengaplikasikan warna-warna terang di salah satu sisi dinding ataupun di kitchen set Anda. Untuk dapur mungil, pilih warna yang cerah dengan tone yang lembut. Jangan lupa sesuaikan dengan tema warna interior rumah yang Anda inginkan.

Untuk jenis cat, pertimbangkan seberapa sering Anda akan menggunakan dapur dan siapa saja yang akan menggunakan dapur. Jika Anda gemar memasak atau punya anak kecil, tentu dapur akan lebih mudah kotor. Gunakan cat jenis vinyl silk yang setengah mengkilap, tahan gores, tahan gosokan, dan mudah dibersihkan. Jika terkena kotoran, Anda cukup menyemprot air dan mengelapnya saja.

Artikel Terkait
Elemen-elemen Penunjang Gaya Industrial pada Hunian
Thursday, 16.03.2017

Dinding bata terlihat, tiang-tiang terpampang, bahkan pipa-pipa saluran AC malang melintang bebas di langit-langit ruangan.

5 Langkah Mudah Agar Sirkulasi Udara Dapur Lancar
Thursday, 16.03.2017

Ada banyak faktor yang mempengaruhi “kesehatan” dapur Anda. Selain faktor kebersihan dapur beserta perlengkapannya

Hunian Sejuk Dengan Tren Warna 2017: Greenery
Thursday, 16.03.2017

Nature never goes out of style. Terinspirasi dari alam, kombinasi warna antara hijau dan kuning atau “Greenery” pun dipilih oleh perusahaan periset warna

Rencanakan dengan Jurnal Rumah

Mewujudkan rumah impian Anda
dimulai dari sekarang. Dengan Jurnal Rumah, Anda dapat
merencanakan pembangunan rumah dengan mudah dan lebih terstruktur.

Mulai
Produk

Semen Holcim dengan Micro Filler Particle

Cari Tahu