KONSEP>INSPIRASI

FIlosofi di Balik "Rumah Kebaya", Rumah Adat Betawi

Tahukah Anda, sebenarnya ada empat jenis rumah adat Betawi, yaitu: Rumah Bapang atau Rumah Kebaya, Rumah Gudang, Rumah Joglo, dan Rumah Panggung. Namun rumah adat Betawi yang resmi dan diakui adalah Rumah Kebaya. Sebutan Rumah Kebaya dikarenakan bentuk atapnya yang menyerupai pelana yang dilipat dan bila dilihat dari samping lipatan-lipatan tersebut terlihat seperti lipatan kebaya.

Rumah Kebaya terbagi menjadi tiga bagian:

  1. Area Umum (Depan)
    Rumah kebaya dikelilingi oleh pagar kayu atau Langkan dan identik dengan teras yang luas dan dilengkapi kursi bale-bale dari rotan, bambu, atau kayu jati yang disebut Amben. Lantai teras diberi nama Gejogan, yang memiliki simbol penghormatan kepada tamu. Bagi masyarakat Betawi, Gejogan ini dianggap sakral atau kramat karena berhubungan langsung dengan tangga masuk bernama Balaksuji, penghubung rumah dengan area luar. Balak artinya bencana sedangkan Suji artinya penyejuk. Balaksuji dapat diartikan sebagai “penyejuk” yang menghalangi bencana memasuki kehidupan penghuninya. Selain jadi tempat bersantai keluarga, teras dimanfaatkan untuk menerima tamu. Hal ini menunjukkan bahwa dalam membuat hunian, suku Betawi selalu berpegang pada konsep kekeluargaan, keterbukaan, keramahan, serta hubungan sesama warga yang harmonis.



  2. Area Pribadi (Tengah)
    Area pribadi ini terletak di bagian tengah yang terbagi dua bagian, Pangkeng dan ruang tidur. Umumnya setiap Rumah Kebaya memiliki ruang tidur sekitar 4 kamar dan kamar tamu atau Paseban yang didesain indah dengan ukiran. Bila kosong, Paseban biasanya dimanfaatkan sebagai mushola. Selain itu ada ruang keluarga yang biasa disebut Pangkeng. Ruang ini biasanya digunakan untuk berkumpul santai bersama keluarga di malam hari. Dinding Rumah Kebaya terbuat dari panel-panel yang dapat digeser dan dibuka. Tujuannya agar rumah terasa lebih luas dan lebih sejuk karena sirkulasi udara lancar. Lantai Rumah Kebaya biasanya lebih tinggi sedikit dari dasar tanah agar air tidak masuk ke dalam.

  3. Area Servis (Belakang)
    Area yang terletak di bagian belakang yang biasanya digunakan untuk dapur atau Srondoyan. Bagian belakang rumah digunakan untuk kegiatan memasak dan biasanya juga tersedia ruang makan. Kamar mandi, pekarangan, dan gudang pun berada di area ini.

Keunikan rumah kebaya bukan hanya terletak pada konstruksi bangunannya saja. Pintu, jendela dan pagarnya pun memiliki bentuk yang menarik disertai bermacam ornamen etnik. Seperti pintu yang terdiri dari dua daun pintu yang berukuran besar, jendela intip dan jendela bulat.

Hampir setiap sudut Rumah Kebaya dipenuhi dengan ornamen Gigi Balang dan Banji. Gigi Balang yang terpengaruh kebudayaan Melayu ini adalah papan kayu yang berjejer berbentuk segitiga yang diletakkan di atap rumah. Gigi Balang sebagai simbol suku Betawi yang konsisten menjalani kehidupan dengan memegang teguh kejujuran, kerja keras, rajin, dan sabar seperti belalang yang mampu mematahkan kayu walaupun membutuhkan waktu lama.

Sementara Banji berbentuk segi empat, pengembangan dari ornamen dasar swastika yang dipengaruhi kebudayaan Hindu. Ornamen ini memiliki makna sebagai sumber kehidupan dan terang. Diharapkan penghuni rumah memiliki pola pikir dan jiwa raga yang terang agar menjadi panutan bagi penghuni sekitarnya.

Meski kini sulit menemukan Rumah Kebaya yang masih otentik di Jakarta, Anda tetap bisa mengambil inspirasi kearifan lokalnya dan mengaplikasikannya elemen-elemennya dalam hunian Anda.

Artikel Terkait
Elemen-elemen Penunjang Gaya Industrial pada Hunian
Thursday, 16.03.2017

Dinding bata terlihat, tiang-tiang terpampang, bahkan pipa-pipa saluran AC malang melintang bebas di langit-langit ruangan.

5 Langkah Mudah Agar Sirkulasi Udara Dapur Lancar
Thursday, 16.03.2017

Ada banyak faktor yang mempengaruhi “kesehatan” dapur Anda. Selain faktor kebersihan dapur beserta perlengkapannya

Hunian Sejuk Dengan Tren Warna 2017: Greenery
Thursday, 16.03.2017

Nature never goes out of style. Terinspirasi dari alam, kombinasi warna antara hijau dan kuning atau “Greenery” pun dipilih oleh perusahaan periset warna

Rencanakan dengan Jurnal Rumah

Mewujudkan rumah impian Anda
dimulai dari sekarang. Dengan Jurnal Rumah, Anda dapat
merencanakan pembangunan rumah dengan mudah dan lebih terstruktur.

Mulai
Produk

Holcim hadir memberikan solusi lengkap untuk bahan bangunan, mulai dari semen, beton siap pakai, hingga produk agregat.

Cari Tahu