KONSEP>INSPIRASI

Elemen-elemen Penunjang Gaya Industrial pada Hunian

Dinding bata terlihat, tiang-tiang terpampang, bahkan pipa-pipa saluran AC malang melintang bebas di langit-langit ruangan. Terlihat familiar? Tampilan seperti ini memang kini sering Anda temukan saat berkunjung ke cafe, working space, atau ruang publik komersial lainnya. Salah satu ciri gaya industrial yang sengaja mengekspos rangka bangunan memang sedang digemari.

Ingin mencoba menghadirkan gaya industrial di rumah Anda?  Berikut 4 ide interior industrial yang bisa diterapkan pada hunian Anda.

  1. Lantai Semen Poles

Meski tampak sederhana, penerapan semen poles pada lantai hunian tetap membutuhkan keterampilan khusus dan pilihan semen berkualitas. Bila tidak, lantai tidak akan bertahan lama, mudah retak, bahkan pecah. Tak hanya untuk konsep industrial, lantai semen poles bisa Anda adaptasikan ke konsep interior apapun karena mampu menciptakan kesan natural dan mudah dipadupadankan dengan beragam model mebel dan furnitur, bahkan dengan warna mencolok sekalipun.

  1. Dinding Unfinished

Dinding unfinished bukan berarti dinding belum selesai dibangun, lho. Dinding unfinished artinya dinding dibiarkan tanpa cat atau finishing apa pun hingga menimbulkan kesan seakan-akan dibiarkan tidak selesai. Tampilan seperti ini mampu memperkuat kesan industrial pada hunian. Karena hanya dilapisi semen atau beton, maka konsep unfinished umumnya hanya menampilkan satu warna, yakni abu-abu. Agar tak terkesan “datar”, kreasikan dinding lewat permainan tone atau gradasi, tekstur, dan aksen hingga dinding terlihat unik. Warna abu-abu yang netral membuat dinding unfinished dapat diaplikasikan di ruangan apa pun. Padukan dengan material kayu agar suasana ruangan lebih “hangat” dan seimbang.

  1. Langit-langit Plester

Tidak hanya lantai dan dinding, langit-langit ruangan juga bisa Anda manfaatkan untuk menunjang gaya industrial pada hunian. Tak perlu pasang plafon, biarkan finishing langit-langit ruangan hanya mencapai tahap plester, yakni tahapan melapisi dinding dengan campuran pasir dan semen. Kreasikan bentuknya agar langit-langit terlihat unik, misalnya dengan bentuk lengkungan-lengkungan atau tekstur timbul untuk memberi kesan multidimesional.

  1. Aksesori

Semen bisa Anda fungsikan lebih dari sekedar bahan bangunan. Dengan sedikit kreativitas, Anda bisa mendapatkan bermacam hiasan dan aksesori untuk mempercantik hunian. Salah satu ide yang bisa Anda terapkan adalah dengan membentuk semen menjadi sebuah pot, taruh tanaman di dalamnya, kemudian tempatkan di sudut ruangan atau sebagai variasi tambahan pada mini garden Anda.

 

 

Artikel Terkait
5 Langkah Mudah Agar Sirkulasi Udara Dapur Lancar
Thursday, 16.03.2017

Ada banyak faktor yang mempengaruhi “kesehatan” dapur Anda. Selain faktor kebersihan dapur beserta perlengkapannya

Hunian Sejuk Dengan Tren Warna 2017: Greenery
Thursday, 16.03.2017

Nature never goes out of style. Terinspirasi dari alam, kombinasi warna antara hijau dan kuning atau “Greenery” pun dipilih oleh perusahaan periset warna

Intip Tren Desain Interior 2017
Thursday, 16.03.2017

Salah satu cara agar bersemangat menyambut tahun yang akan datang adalah dengan mengubah desain interior.

Rencanakan dengan Jurnal Rumah

Mewujudkan rumah impian Anda
dimulai dari sekarang. Dengan Jurnal Rumah, Anda dapat
merencanakan pembangunan rumah dengan mudah dan lebih terstruktur.

Mulai
Produk

Semen Holcim dengan Micro Filler Particle

Cari Tahu