KONSEP>INSPIRASI

5 Tips Hemat Belanja Bahan Bangunan

Saat proses pembangunan rumah, salah satu hal terpenting adalah proses memilih dan belanja bahan bangunan. Meski menyenangkan, proses ini kerap membuat anggaran pembangunan rumah membengkak. Jangan sampai ini membuat Anda mengkompromikan kualitas bahan bangunan. Perhatikan hal-hal di bawah ini saat akan belanja bahan bangunan agar Anda dapat biaya pembangunan rumah tetap sesuai rencana:

 

  1. Lakukan pengukuran untuk menghitung kebutuhan bahan bangunan

Sebelum memutuskan membeli, pastikan Anda sudah menghitung dengan detil kebutuhan bahan bangunan. Caranya dengan melakukan pengukuran pada rumah yang sedang Anda bangun, tak hanya luas tanah namun juga luas dinding. Jika Anda menggunakan arsitek, gunakan cetak biru atau floor plan untuk menentukan bahan yang sesuai dengan spesifikasi rumah Anda. Tanpa pengukuran akurat, Anda berisiko membeli bahan bangunan berlebih, atau malah kurang.

  1. Riset harga

Untuk mempermudah pencarian Anda, Anda bisa mulai dengan menanyakan pada arsitek, kontraktor, atau kerabat, mana toko bangunan yang mereka rekomendasikan. Lakukan riset kecil dengan menghubungi toko bangunan yang sudah masuk ke dalam daftar Anda. Tanyakan harga bahan bangunan yang ingin Anda beli dan ketersediaan bahan tersebut. Selain memastikan apakah biaya bahan bangunan masih sesuai anggaran, langkah ini juga akan menghemat waktu Anda. Anda tak perlu buang waktu mengunjungi toko material satu-persatu, waktu pembangunan pun tetap sesuai rencana penyelesaian.

  1. Perhatikan musim

Tahukan Anda, musim turut memengaruhi perubahan harga material atau bahan bangunan? Ketika musim kemarau, material bangunan umumnya akan lebih mahal jika dibandingkan dengan harga di musim hujan. Ini karena kebanyakan proses pembangunan dilakukan saat musim kemarau, akibatnya para produsen atau distributor bahan bangunan berbondong-bondong mengambil untung dengan menaikkan harga bahan bangunan. Mulailah mencicil membeli material bangunan di musim hujan dan mulai pembangunan rumah Anda di musim kemarau. Simpan dengan baik karena beberapa bahan bangunan harus disimpan di tempat yang kering dan tidak lembap agar kualitasnya terjaga, terutama semen dan pasir.

  1. Beli dalam jumlah yang banyak

Membeli bahan bangunan dalam jumlah banyak tentunya lebih murah daripada membeli dalam jumlah sedikit. Selain perbedaan harganya bisa cukup signifikan dan dapat menghemat biaya, Anda juga akan menghemat waktu karena tidak perlu bolak balik ke toko bangunan.

  1. Cari kerabat atau tetangga yang sedang membangun rumah

Jangan sungkan untuk meminta bantuan dari kerabat Anda yang juga sedang membangun rumah. Siapa tahu mereka bisa merekomendasikan toko bahan bangunan dengan kualitas terjamin dan harga kompetitif. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan sisa material atau bahan bangunan dari mereka sebagai bahan bangunan cadangan.

Artikel Terkait
Elemen-elemen Penunjang Gaya Industrial pada Hunian
Thursday, 16.03.2017

Dinding bata terlihat, tiang-tiang terpampang, bahkan pipa-pipa saluran AC malang melintang bebas di langit-langit ruangan.

5 Langkah Mudah Agar Sirkulasi Udara Dapur Lancar
Thursday, 16.03.2017

Ada banyak faktor yang mempengaruhi “kesehatan” dapur Anda. Selain faktor kebersihan dapur beserta perlengkapannya

Hunian Sejuk Dengan Tren Warna 2017: Greenery
Thursday, 16.03.2017

Nature never goes out of style. Terinspirasi dari alam, kombinasi warna antara hijau dan kuning atau “Greenery” pun dipilih oleh perusahaan periset warna

Rencanakan dengan Jurnal Rumah

Mewujudkan rumah impian Anda
dimulai dari sekarang. Dengan Jurnal Rumah, Anda dapat
merencanakan pembangunan rumah dengan mudah dan lebih terstruktur.

Mulai
Produk

Holcim hadir memberikan solusi lengkap untuk bahan bangunan, mulai dari semen, beton siap pakai, hingga produk agregat.

Cari Tahu