5 Langkah Menyulap Dapur Kecil Jadi Dapur a la Restoran

Makan bersama keluarga adalah salah satu hal yang dapat menghangatkan hubungan antar anggota keluarga. Apalagi jika hidangan yang disajikan datang dari dapur Anda sendiri. Meski mungkin luas dapur Anda terbatas, bukan berarti Anda tidak bisa menghadirkan pengalaman memasak di dapur a la dapur koki profesional. Simak cara "menyulap" dapur mungil Anda menjadi dapur trendi a la restoran bersama Holcim.

  1. Tambahkan pojok dengan meja marmer

Untuk Anda yang benar-benar hobi memasak, pasti Anda tahu kalau marble countertop atau bagian atas meja dapur yang terbuat dari marmer memiliki berbagai fungsi berbeda. Tak hanya menghadirkan kesan mewah, jika dijaga kebersihannya, counter top dari marmer bisa dijadikan tempat memotong bahan-bahan tanpa talenan dan tempat menguleni adonan roti, pizza, atau pasta. Anda tak perlu mengganti seluruh area counter top dengan marmer. Cukup sudut dapur atau area tempat Anda biasa mengolah bahan-bahan makanan.

  1. Siapkan dana untuk kompor dan oven berkualitas

Kompor dan oven berkualitas akan membuat dapur kecil Anda tampak seperti dapur koki profesional di restoran. Mungkin akan memakan anggaran lebih besar dibanding kompor yang biasa Anda gunakan, tapi anggaplah ini investasi apalagi jika Anda memang gemar memasak atau berencana merintis bisnis kuliner.

  1. Gunakan warna-warna netral

Jika Anda ingin dapur Anda terlihat klasik dan modern, penggunaan warna-warna klasik dan netral seperti abu-abu dan putih akan membuat dapur Anda makin mirip dengan dapur khas koki profesional yang ada di restoran atau di hotel berbintang.

  1. Pilih bahan besi tahan karat

Salah satu ciri dapur yang ada di restoran adalah kebanyakan peralatannya berbahan dasar stainless steel atau besi tahan karat. Ini karena stainless steel mudah dibersihkan, lebih tahan lama, tidak mudah berjamur dan digerogoti serangga.

  1. Utamakan efisiensi

Satu hal terpenting dalam merancang dapur a la restoran adalah efisiensi. Bagi koki profesional, dapur yang memudahkan ia bergerak akan ngaruh pada kecepatannya menyajikan makanan. Contohnya, letakkan area memotong di dekat lemari bahan-bahan untuk menghemat waktu. Tak ada salahnya kan kalau prinsip ini diterapkan di dapur pribadi Anda di rumah? Siapa tahu, Anda jadi bisa menghemat waktu dan makin semangat menyiapkan sarapan atau bekal di pagi hari. 

Agar tampilan dapur Anda total seperti dapur restoran, pastikan juga dinding dapur kokoh, halus, dan minim retakan. Pilih bahan bangunan berkualitas seperti Semen WallMax dari Holcim. Semen WallMax hadir dengan teknologi inovasi terbaru untuk dinding dengan hasil akhir yang halus dan tahan lama berkat Micro Filler Particle dan ‘smoothing agent’. Dengan hasil elastis dan memberi hasil lebih banyak, dengan Holcim WallMax Anda juga lebih mudah membentuk profil dan sudut.

Nah, selamat memasak di dapur baru Anda!

Artikel Terkait
Elemen-elemen Penunjang Gaya Industrial pada Hunian
16 March 2017

Dinding bata terlihat, tiang-tiang terpampang, bahkan pipa-pipa saluran AC malang melintang bebas di langit-langit ruangan.

5 Langkah Mudah Agar Sirkulasi Udara Dapur Lancar
16 March 2017

Ada banyak faktor yang mempengaruhi “kesehatan” dapur Anda. Selain faktor kebersihan dapur beserta perlengkapannya

Hunian Sejuk Dengan Tren Warna 2017: Greenery
16 March 2017

Nature never goes out of style. Terinspirasi dari alam, kombinasi warna antara hijau dan kuning atau “Greenery” pun dipilih oleh perusahaan periset warna

Simulasikan Biaya dengan Jurnal Rumah

Dengan Jurnal Rumah, membangun rumah terasa lebih menyenangkan. Gunakan fitur Simulasi Biaya untuk menghitung estimasi biaya pembangunan rumah impian Anda.

MULAI >
Produk

Holcim hadir memberikan solusi lengkap untuk bahan bangunan, mulai dari semen, beton siap pakai, hingga produk agregat.

Cari Tahu