KONSEP>INSPIRASI

5 Ide Penataan Meja Makan untuk Berbuka Puasa  

Selain menghadirkan suasana yang berbeda, menata meja makan juga bisa membuat Anda semangat menyantap hidangan berbuka puasa. Jika Anda berencana mengadakan buka puasa bersama, jadikan momen istimewa itu makin seru dengan menata meja makan dengan tema-tema unik seperti berikut:

  1. Tropikal

Ramadan tak harus selalu bernuansa Timur Tengah. Mengapa tidak menghadirkan suasana a la pantai Hawaii di dalam rumah? Caranya dengan penataan meja makan yang didominasi warna-warna ceria, seperti hijau, jingga, atau kuning. Aplikasikan salah satu warna tersebut pada table runner atau taplak meja. Selanjutnya, gunakan piring makan bermotif pohon kelapa atau aksen dedaunan, terutama daun pohon palem. Agar makin cantik, tambahkan wadah makanan, toples, atau aksesori meja makan berbentuk nanas. Voila!

  1. Rustic

Punya halaman rumah yang cukup luas? Saatnya membuat suasana buka puasa bersama yang berbeda dengan bersantap di ruang terbuka. Agar nuansa alam makin maksimal, tata meja makan dengan konsep rustic yang identik dengan nuansa pedesaan. Anda bisa menciptakan nuansa rustic dengan memakai meja kayu, dilengkapi dengan peralatan makan yang terbuat dari kayu atau bambu. Percantik tampilan meja dengan serbet yang dililit tali goni, aksesori bunga pinus, dedaunan kering, dan lilin atau bunga dalam mason jar.

  1. Pretty Green

Meski sama-sama mengedepankan nuansa alam, namun pretty green berbeda dengan rustic. Jika gaya rustic menawarkan dominasi warna cokelat, pretty green menekankan aneka pernik berwarna hijau. Dalam penataan meja makan, Anda bisa mencari alas piring berwarna hijau. Akan lebih baik lagi jika Anda menggunakan peralatan makan dengan corak atau bentuk daun. Padukan warna hijau ini dengan peralatan makan berwarna kuning atau mustard. Tambahkan pot-pot mini berisi tanaman untuk memaksimalkan tampilan meja makan Anda.

  1. Monokrom

Gaya monokrom sangat cocok untuk Anda yang enggan repot dan menyukai kesederhanaan. Sebelum menata peralatan makan, tutup permukaan meja dengan taplak meja berwarna putih polos. Kemudian keluarkan piring-piring berwarna hitam, putih, atau motif dengan paduan warna hitam dan putih. Untuk peralatan makan Anda bisa memilih sendok, pisau, garpu, dari bahan perak atau berwarna keemasan. Sempurnakan dengan sentuhan lilin untuk memberikan kesan elegan.

 

  1. Vintage

Gunakan kembali aneka piring, cangkir, dan gelas bermotif bunga milik nenek Anda. Usahakan pilih warna yang senada, seperti biru atau krem, mulai dari taplak meja sampai peralatan makan. Untuk peralatan makan, pilih yang terbuat dari perak. Terakhir, sempurnakan dengan vas bunga berbahan kaca atau kristal dengan bunga berwarna putih.

 

 

Artikel Terkait
Elemen-elemen Penunjang Gaya Industrial pada Hunian
Thursday, 16.03.2017

Dinding bata terlihat, tiang-tiang terpampang, bahkan pipa-pipa saluran AC malang melintang bebas di langit-langit ruangan.

5 Langkah Mudah Agar Sirkulasi Udara Dapur Lancar
Thursday, 16.03.2017

Ada banyak faktor yang mempengaruhi “kesehatan” dapur Anda. Selain faktor kebersihan dapur beserta perlengkapannya

Hunian Sejuk Dengan Tren Warna 2017: Greenery
Thursday, 16.03.2017

Nature never goes out of style. Terinspirasi dari alam, kombinasi warna antara hijau dan kuning atau “Greenery” pun dipilih oleh perusahaan periset warna

Rencanakan dengan Jurnal Rumah

Mewujudkan rumah impian Anda
dimulai dari sekarang. Dengan Jurnal Rumah, Anda dapat
merencanakan pembangunan rumah dengan mudah dan lebih terstruktur.

Mulai
Produk

Semen Holcim dengan Micro Filler Particle

Cari Tahu