4 Langkah Memastikan Sistem Pembuangan yang Lebih Sehat untuk Rumah

Rumah tinggal yang nyaman tidak hanya harus kokoh dan indah, tapi juga sehat. Bayangkan jika Anda mencium bau menyengat di sekitar rumah. Tentu kenyamanan Anda terganggu. Karena itu, pengelolaan saluran pembuangan agar selalu bersih dan sehat penting dilakukan.

Agar kondisi saluran pembuangan di rumah Anda tetap terjaga kebersihannya, lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Cek jalur air pembuangan dari kamar mandi, toilet, dapur, tempat cuci, dan talang air hujan

Saluran ini paling rentan mengalami penyumbatan akibat limbah atau barang-barang yang tanpa disadari terbuang, misalnya akibat rambut, kerak sabun yang tak larut oleh air, atau sampah perlengkapan mandi. Pada dapur, penyumbatan biasanya terjadi akibat limbah yang tidak disortir lebih dulu, misalkan makanan sisa yang tak dibuang ke tempat sampah tetapi langsung dibuang ke bak dapur. Sedangkan pada tempat cuci, penyumbatan yang sering dialami adalah karena koin, kertas, perca kain, dan lain-lain. Lakukan pemeriksaan jalur air ini minimal dilakukan sebulan sekali. Di musim penghujan, lakukan seminggu sekali.

  1. Periksa pemipaan saluran pembuangan

Saluran ini berkaitan dengan muara pembuangan. Jika pembuangan bermuara ke selokan, maka upayakan jangan ada sampah yang turut terbawa agar saluran pembuangan dari dalam rumah hingga keluar rumah bersih dan aman dari sumbatan. Bersihkan juga selokan di sekitar rumah tiap tiga hari sekali agar lancar dan tidak menghambat jalur pembuangan.

  1. Mengelola sampah rumah tangga sebelum dibuang ke pembuangan akhir

Budayakan selalu memilah sampah organik dan sampah non organik sebelum membuang sampah agar mudah diolah di tempat pembuangan akhir. Secara sederhana, yang termasuk sampah organik misalnya sisa makanan atau sampah yang mudah terurai dan membusuk. Sedangkan sampah non organik adalah sampah yang tidak dapat diurai oleh alam seperti kantong plastik, botol plastik maupun kaleng bekas makanan.

  1. Memilih peralatan rumah tangga yang ramah lingkungan

Selain sampah atau pembuangan, hal yang sangat bermanfaat adalah memilih peralatan rumah tangga ramah lingkungan. Anda bisa memilih mesin cuci hemat energi, mempergunakan torrent untuk mengukur kapasitas penggunaan air harian sekaligus menghemat listrik, memasang pemanas air tenaga matahari, dan masih banyak lagi. Sebelum memutuskan membeli atau memasang, perhatikan lebih dahulu spesifikasi dan kebutuhan daya peralatan tersebut.

Instalasi sanitasi dan pembuangan rumah yang sehat harus didukung dengan pemilihan material bangunan yang berkualitas dan struktur bangunan yang kokoh dan sempurna. Gunakan Holcim PowerMax diformulasikan dengan Micro Filler Particle dan ‘strength agent’ untuk struktur bangunan yang kuat dan minim keropos. Semen Holcim PowerMax juga membuat pekerjaan lebih cepat selesai dan pemadatan lebih sempurna karena adukan beton lebih pulen dan cepat kering. 

Artikel Terkait
Elemen-elemen Penunjang Gaya Industrial pada Hunian
16 March 2017

Dinding bata terlihat, tiang-tiang terpampang, bahkan pipa-pipa saluran AC malang melintang bebas di langit-langit ruangan.

5 Langkah Mudah Agar Sirkulasi Udara Dapur Lancar
16 March 2017

Ada banyak faktor yang mempengaruhi “kesehatan” dapur Anda. Selain faktor kebersihan dapur beserta perlengkapannya

Hunian Sejuk Dengan Tren Warna 2017: Greenery
16 March 2017

Nature never goes out of style. Terinspirasi dari alam, kombinasi warna antara hijau dan kuning atau “Greenery” pun dipilih oleh perusahaan periset warna

Simulasikan Biaya dengan Jurnal Rumah

Dengan Jurnal Rumah, membangun rumah terasa lebih menyenangkan. Gunakan fitur Simulasi Biaya untuk menghitung estimasi biaya pembangunan rumah impian Anda.

MULAI >
Produk

Holcim hadir memberikan solusi lengkap untuk bahan bangunan, mulai dari semen, beton siap pakai, hingga produk agregat.

Cari Tahu