DEKOR>INSPIRASI

Tips Memilih Karpet untuk Hunian

Sebagai salah satu elemen interior yang memiliki banyak manfaat, keberadaan karpet penting untuk melengkapi hunian. Agar karpet berfungsi optimal, Anda harus pintar dalam memilih karpet. Selain motif dan warnanya, berikut hal-hal lain yang perlu Anda pertimbangkan untuk mendapatkan karpet yang terbaik untuk rumah.

  1. Sesuaikan dengan warna lain di dalam ruangan

Sesuaikan warna karpet dengan warna dominan ruangan. Anda bisa menggunakan warna turunannya untuk kesan selaras atau warna yang berbeda untuk menambah aksen pada ruangan. Jika di ruang yang akan ditempatkan karpet sudah terlalu banyak motif, baik itu dari dinding, pelapis bantal atau sofa, sebaiknya Anda memilih karpet yang bermotif polos dengan warna netral.

  1. Pilih berdasarkan fungsi ruangan

Untuk penempatan karpet di ruang makan, pilihlah karpet yang materialnya mudah dibersihkan. Sedangkan untuk kamar tidur, agar memberikan kesan nyaman, Anda bisa menggunakan karpet bermaterial lembut dengan benang atau bulu yang pendek. Bahan bulu wol cocok untuk Anda yang alergi debu atau memiliki riwayat asma.

  1. Tentukan luas karpet

Salah satu faktor yang terpenting dalam memilih karpet adalah ukuran. Sesuaikan ukuran karpet dengan ukuran ruangan. Pertimbangkan juga ukuran furnitur yang ada dalam ruangan. Di ruang makan misalnya, pilihlah ukuran karpet yang melebihi kursi makan. Jangan memilih ukuran yang lebih kecil karena bisa menggangu saat memindahkan kursi dan mudah rusak karena terlipat kaki kursi.

  1. Pertimbangkan serat bahan

Serat karpet berkaitan dengan ketahanan karpet. Serat yang paling umum digunakan adalah wol karena tahan api, hangat, kuat, awet, dan mudah dibersihkan. Untuk material alternatif lainnya yang juga tahan lama, Anda bisa menggunakan acrylic, nylon, modacrylic, hingga poliester.

 

 

  1. Perhatikan teknik pembuatan karpet

Teknik pembuatan karet jadi salah satu acuan dalam memilih karpet. Salah satu teknik yang familiar adalah tenun karena metode tradisional ini menghasilkan karpet yang tahan lama. Sedangkan teknik yang kini menjadi tren adalah tufting. Teknik ini lebih cepat dan lebih murah serta menghasilkan desain yang lebih banyak. 

Dengan memahami hal-hal di atas, Anda bisa memilih karpet yang sesuai kebutuhan dan nyaman digunakan. Yang tak kalah penting, cari tahu cara membersihkan dan merawat karpet sesuai jenis karpet yang Anda miliki, bersihkan dan rawat secara rutin.

Artikel Terkait
5 Alasan Pentingnya Lampu Tidur
Thursday, 16.03.2017

Mungkin Anda beranggapan kalau kamar tidur tak perlu memiliki lampu tidur, cukup lampu utama saja

Dinding Bebas Rembes, Bebas Resah Saat Hujan
Thursday, 16.03.2017

Dengan frekuensi hujan yang cukup tinggi seperti sekarang, biasanya akan muncul sejumlah permasalahan di rumah Anda

Periksa 6 Hal Ini di Hunian saat Musim Hujan
Thursday, 16.03.2017

Musim hujan sudah datang. Belum mempersiapkan hunian menyambut musim hujan? Tidak ada kata terlambat.

Rencanakan dengan Jurnal Rumah

Mewujudkan rumah impian Anda
dimulai dari sekarang. Dengan Jurnal Rumah, Anda dapat
merencanakan pembangunan rumah dengan mudah dan lebih terstruktur.

Mulai
Produk

Holcim hadir memberikan solusi lengkap untuk bahan bangunan, mulai dari semen, beton siap pakai, hingga produk agregat.

Cari Tahu