Siapkan 4 Hal Ini Sebelum Menanam Tanaman Bumbu di Rumah

Mungkin memang lebih mudah membeli tanaman bumbu seperti daun salam atau oregano di supermarket. Padahal ada tiga keuntungan kalau Anda memiliki tanaman bumbu yang disusun cantik di dapur. Pertama, tanaman bumbu dapur bisa berfungsi seperti tanaman hias untuk mempercantik ruangan. Kedua, praktis dan sehat karena Anda tak perlu membeli bumbu kemasan lagi. Ketiga, tanaman bumbu dapur menghadirkan aroma alami, membuat aroma dapur jadi lebih segar. Nah, mulai tertarik membuat rak bumbu hidup di dapur? Agar dapur tetap cantik dan tertata, ikuti beberapa petunjuk berikut ini:

  1. Hanya memilih jenis tanaman yang dibutuhkan

Tanaman perlu ruang untuk tumbuh. Jangan sampai Anda asal-asalan menanam berbagai macam tanaman dan rempah dan malah membuat dapur terkesan ‘penuh’. Sebelum memilih tanaman bumbu yang akan Anda tanam, perhatikan menu apa yang biasa dimasak, bumbu dapur mana yang sering digunakan, mana yang tahan lama, dan mana yang bisa diawetkan. Pilih juga tanaman rempah-rempah yang perawatannya mudah dan pelajari juga terlebih dahulu bagaimana cara merawat tanaman di dalam ruangan.

  1. Tempatkan tanaman di area yang tepat

Tanaman bumbu biasanya ditempatkan di dapur yang mudah dijangkau saat memasak. Tiap tanaman bumbu dan rempah memiliki kebutuhan perawatan yang berbeda. Secara umum, tempatkan pot-pot tanaman di area dapur yang terpapar cahaya matahari, seperti sekitar jendela dapur atau dekat dengan lampu.

  1. Gunakan pot tanaman yang bisa mempercantik ruangan

Tanaman rempah biasanya tidak tumbuh terlalu tinggi dan dapat dikultivasi dengan baik di dalam pot, sehingga dapat berfungsi ganda sebagai penghias dapur. Membuat sebuah rak khusus di dinding keramik dapur sebagai tempat untuk meletakkan pot-pot kecil berisi tanaman bumbu dapur, disusun rapi di sebuah rak beroda, atau membuat rak pot menggantung bisa mempercantik ruangan. Anda juga bisa menggantungkan pot-pot tersebut di langit-langit dapur, tepat di bawah meja dapur. Selain pot tanaman, Anda bisa menggunakan wadah lain, seperti mason jar, botol, atau kaleng. Anda juga bisa mengecat ulang benda-benda tersebut sesuai dengan selera Anda.

  1. Selalu utamakan kebersihan

Pot dari tanah liat atau kayu adalah dua jenis bahan pot yang sesuai untuk tanaman jenis apapun, termasuk rempah-rempah. Namun usahakan agar pot bumbu yang digunakan terawat dan jaga kebersihan area sekitar pot karena hal ini akan mempengaruhi suasana dapur, baik saat menyiapkan makanan maupun saat bersantap. Jangan lupa beri identitas untuk setiap tanaman. Ini juga bisa menjadi cara anggota keluarga lainnya untuk lebih mengenal jenis tanaman.

Jika dapur Anda berkonsep minimalis, Anda bisa menghemat ruangan dengan menggunakan pot kecil yang diletakkan di dinding atau dengan memasang box yang menempel di dinding dapur. Syaratnya, pastikan dinding Anda kuat dan minim retak. Semen Holcim WallMax adalah inovasi khusus untuk aplikasi dinding yang halus, berkat formula Micro Filler Particle dan ‘smoothing agent’.  Selain membuat dinding kuat, minim retak, dan lebih mudah membentuk profil atau sudut, pekerjaan dinding akan lebih cepat selesai karena adukan pulen dan daya rekatnya yang baik.

Nah, sudah siap mempercantik dapur dengan tanaman bumbu?

Artikel Terkait
5 Alasan Pentingnya Lampu Tidur
16 March 2017

Mungkin Anda beranggapan kalau kamar tidur tak perlu memiliki lampu tidur, cukup lampu utama saja

Dinding Bebas Rembes, Bebas Resah Saat Hujan
16 March 2017

Dengan frekuensi hujan yang cukup tinggi seperti sekarang, biasanya akan muncul sejumlah permasalahan di rumah Anda

Periksa 6 Hal Ini di Hunian saat Musim Hujan
16 March 2017

Musim hujan sudah datang. Belum mempersiapkan hunian menyambut musim hujan? Tidak ada kata terlambat.

Simulasikan Biaya dengan Jurnal Rumah

Dengan Jurnal Rumah, membangun rumah terasa lebih menyenangkan. Gunakan fitur Simulasi Biaya untuk menghitung estimasi biaya pembangunan rumah impian Anda.

MULAI >
Produk

Holcim hadir memberikan solusi lengkap untuk bahan bangunan, mulai dari semen, beton siap pakai, hingga produk agregat.

Cari Tahu