Rumah Berantakan Setelah Pesta? Bersihkan dalam 4 Langkah!

Pesta ulang tahun, arisan, reunian, atau sekadar nonton pertandingan bola bersama teman di akhir pekan, selepas acara selesai dan tamu-tamu pulang, Anda akan berhadapan dengan rumah yang bak kapal pecah; sampah ada di mana-mana serta tumpukan piring dan gelas kotor. Untuk membersihkannya, jangan tunda hingga esok hari. Bersihkan segera tanpa buang waktu dengan tips-tips dari Holcim berikut ini.

  1. Bereskan ruangan satu persatu

Tentu repot jika harus membereskan seluruh ruangan sekaligus. Cobalah untuk melihat tingkat ‘kekacauan’ di setiap ruangan kemudian tentukan apa saja yang perlu Anda kerjakan lebih dulu per ruangan. Misalnya pada ruang keluarga, awali dengan membereskan segala macam sampah dan gelas piring yang kotor, tata kembali meja dan kursi yang berantakan, diikuti menyapu dan mengepel kotoran yang menempel di lantai, lalu semprotkan pewangi ruangan. Prioritaskan ruangan yang perlu perhatian lebih.

  1. Segera bersihkan kamar mandi

Saat ada acara di rumah Anda, banyak tamu yang bergantian menggunakan kamar mandi. Cara tercepat untuk membersihkannya adalah menyemprotkan cairan disinfektan pada toilet, lantai keramik, dan bagian lain yang perlu dibersihkan. Diamkan beberapa menit agar formula bahan kimianya bekerja sehingga proses menyikatnya akan lebih mudah.

  1. Terapkan strategi khusus saat cuci piring

Usai pesta, tumpukan piring dan gelas kotor tampak menjadi beban yang tidak enak dipandang. Agar mudah dan cepat dicuci, pisahkan piring, gelas, sendok, garpu, dan barang lainnya yang kotor berdasarkan jenis dan fungsi. Dahulukan mencuci gelas untuk menghindari bau tidak sedap. Lalu buang sisa makanan yang masih menempel. Setelah semua dibersihkan, segera keringkan dengan kain bersih lalu susun kembali di lemari penyimpanan.

  1. Segera membersihkan noda

Jika ada noda di sofa atau karpet, biasanya karena tumpahan makanan atau cipratan minuman, jangan biarkan terlalu lama menempel. Untuk karpet, letakkan kain kering di atasnya hingga cairan terserap. Untuk tumpahan makanan, angkat sisa makanannya lalu taburkan baking soda di atas karpet dan biarkan semalaman. Sedangkan untuk sofa, Anda bisa menggunakan kain kering untuk menyerap cairan atau gunakan alkohol murni untuk menghilangkan noda pada sofa berbahan kulit.

Untuk menghindari beres-beres pesta yang tentu melelahkan, Anda bisa merencanakan pesta dengan cara berbeda. Misalnya, menggunakan alat-alat makan dari plastik sekali pakai atau menyiapkan kotak sampah di setiap sudut ruangan.

Nah, kini Anda tak perlu ragu lagi mengadakan beragam acara seru bersama teman dan keluarga!

Artikel Terkait
5 Alasan Pentingnya Lampu Tidur
16 March 2017

Mungkin Anda beranggapan kalau kamar tidur tak perlu memiliki lampu tidur, cukup lampu utama saja

Dinding Bebas Rembes, Bebas Resah Saat Hujan
16 March 2017

Dengan frekuensi hujan yang cukup tinggi seperti sekarang, biasanya akan muncul sejumlah permasalahan di rumah Anda

Periksa 6 Hal Ini di Hunian saat Musim Hujan
16 March 2017

Musim hujan sudah datang. Belum mempersiapkan hunian menyambut musim hujan? Tidak ada kata terlambat.

Rencanakan dengan Jurnal Rumah

Mewujudkan rumah impian Anda
dimulai dari sekarang. Dengan Jurnal Rumah, Anda dapat
merencanakan pembangunan rumah dengan mudah dan lebih terstruktur.

Mulai
Produk

Holcim hadir memberikan solusi lengkap untuk bahan bangunan, mulai dari semen, beton siap pakai, hingga produk agregat.

Cari Tahu