Rumah Aman dan Nyaman di Musim Hujan

Rumah aman lebih dari sekadar melindungi para penghuninya dari ancaman eksternal, namun juga mencegah kejadian tak diinginkan di dalamnya. Selama musim hujan, ada banyak risiko yang disebabkan oleh air hujan mulai dari bergesernya atap, listrik korslet, hingga licinnya lantai. Tips berikut dari Holcim bisa bantu Anda menciptakan rumah yang aman dan nyaman selama musim hujan:

  1. Bersihkan saluran air

Periksalah kondisi saluran air di depan rumah Anda. Jika terdapat sumbatan karena endapan sampah atau lumpur, segera bersihkan agar tidak memicu banjir. Lakukanlah secara rutin setiap dua minggu sekali agar daya tampung airnya maksimal.

  1. Periksa instalasi listrik

Saat musim hujan, kabel listrik mudah terkelupas karena terus diterpa hawa lembap dan panas yang tinggi. Hal ini berisiko menyebabkan korslet dan kebakaran. Cek kembali jaringan kabel listrik terutama yang berada di luar rumah, seperti pada lampu taman atau pagar. Ingat, apapun masalah listrik di rumah Anda, percayakan pada teknisi profesional untuk memperbaikinya alih-alih mencoba memperbaikinya sendiri.

  1. Kontrol sistem ventilasi

Sistem ventilasi yang kurang sempurna akan menimbulkan hawa lembap pada musim hujan. Selain membuat suasana tidak nyaman, hawa lembap berpotensi menyebabkan tumbuhnya bakteri. Karena itu, pastikan sistem ventilasi yang Anda buat terpasang dengan baik. Tutuplah ventilasi selama curah hujan tinggi. Jika ada dana lebih, Anda bisa memasang ventilator untuk melancarkan sirkulasi udara di dalam rumah.

  1. Cek atap rumah

Bagian atap penting karena menjadi pelindung keluarga Anda dari cuaca di luar rumah. Anda perlu memeriksa kondisi atap rumah dan bagian plafon secara berkala, walaupun bukan saat musim hujan sekalipun. Selain keretakan dan pergeseran genteng, bagian atap juga rentan jadi jalan masuk tikus dan tempat bersarang hama.

  1. Perhatikan dinding rumah

Selain atap, dinding juga bisa menjadi jalan masuk air ke dalam rumah. Rembesan yang dibiarkan akan mengakibatkan cat mengelupas dan tumbuh jamur. Jauhkan furnitur yang mudah menyerap air seperti gantungan, lukisan, dan lemari dari dinding yang basah.

Dengan melakukan tips-tips di atas, Anda bisa lebih siap menghadapi musim hujan yang diprediksi akan berlangsung hingga beberapa bulan ke depan. Rumah yang aman dan nyaman akan meningkatkan kualitas hidup penghuninya dalam kondisi apapun.

Artikel Terkait
5 Alasan Pentingnya Lampu Tidur
16 March 2017

Mungkin Anda beranggapan kalau kamar tidur tak perlu memiliki lampu tidur, cukup lampu utama saja

Dinding Bebas Rembes, Bebas Resah Saat Hujan
16 March 2017

Dengan frekuensi hujan yang cukup tinggi seperti sekarang, biasanya akan muncul sejumlah permasalahan di rumah Anda

Periksa 6 Hal Ini di Hunian saat Musim Hujan
16 March 2017

Musim hujan sudah datang. Belum mempersiapkan hunian menyambut musim hujan? Tidak ada kata terlambat.

Simulasikan Biaya dengan Jurnal Rumah

Dengan Jurnal Rumah, membangun rumah terasa lebih menyenangkan. Gunakan fitur Simulasi Biaya untuk menghitung estimasi biaya pembangunan rumah impian Anda.

MULAI >
Produk

Holcim hadir memberikan solusi lengkap untuk bahan bangunan, mulai dari semen, beton siap pakai, hingga produk agregat.

Cari Tahu