Kenali Ragam Bahan Pelapis Sofa

Sebagai salah satu furnitur utama di ruang tamu atau ruang keluarga, memilih sofa kerap jadi tantangan tersendiri. Desain menarik saja tidak cukup, Anda juga perlu memerhatikan jenis dan kualitas bahannya. Salah pilih bahan sofa dapat mempengaruhi tingkat kenyamanan dan keawetan sofa Anda di rumah. Untuk itu, kenali lebih jauh bahan-bahan pelapis sofa. Cari tahu plus dan minusnya berikut:

  1. Katun

Kelebihan:

Bahan ini paling sering dijadikan bahan pelapis sofa. Selain adem, katun memiliki jalinan benang yang rapat serta tekstur yang halus sehingga nyaman untuk digunakan. Selain itu, kain berbahan katun juga mudah ditemukan dalam berbagai motif dan pola yang menarik dengan harga terjangkau. 

Kekurangan:

Sayangnya bahan katun mudah kusut, tidak tahan air, dan warnanya cenderung cepat memudar. Sofa dengan pelapis berbahan katun juga memerlukan perawatan rutin agar tidak ditumbuhi jamur.      

  1. Nilon

Kelebihan:

Sebagai pelapis sofa, kain dari serat sintetis ini terasa ‘ringan’, tahan air, tidak mudah robek, pelapis sofa berbahan nilon juga gampang dicuci. Tak heran, nilon jadi bahan pelapis sofa yang cukup populer.

Kekurangan:

Kain pelapis sofa cenderung mudah kusut.

  1. Polyester

Kelebihan:

Sebagai pelapis sofa, kain dari serat buatan ini sering dikombinasikan dengan jenis bahan lain, seperti katun, rayon, dan wool. Selain tidak mudah kusut dan robek, polyester dikenal memiliki daya tahan yang tinggi karena tidak mudah menyerap air.

Kekurangan:

Karena tidak mudah menyerap air, polyester cenderung panas dan tidak menyerap keringat sehingga dapat menimbulkan iritasi pada kulit, apalagi jika kulit Anda sensitif. Jika Anda memilih polyester sebagai pelapis sofa, sebaiknya letakkan sofa pada ruangan ber-AC atau ruangan bersuhu sejuk.  

  1. Linen

Kelebihan:

Jenis bahan pelapis sofa yang satu ini tidak mudah robek, tak gampang pudar, serta tekstur kainnya lembut.           

Kekurangan:

Karena kemampuan menyerap tinta pada bahan linen itu rendah, tak banyak pilihan warna dan motif pada kain linen. Selain itu, bahan linen cenderung panas, mudah kusut dan kotor.

  1. Akrilik

Kelebihan:

Jika Anda berencana menempatkan sofa di luar ruangan, seperti teras atau balkon, maka pelapis sofa dari bahan akrilik cocok jadi pilihan Anda. Jenis kain imitasi dari wool ini tahan terhadap cuaca, tak terkesan ‘berat’ dan tahan lama, bahan akrilik tahan terhadap paparan sinar matahari dan mudah kering bila terkena cipratan air hujan.

Kekurangan:

Sayangnya, karena seratnya tidak menyerap air, sofa dengan pelapis berbahan akrilik cenderung terasa lembap atau lengket.

  1. Leather/Kulit

Kelebihan:

Sofa berbahan kulit memberikan kesan mewah dan elegan seketika. Selain itu, pelapis sofa berbahan kulit lebih kuat dan tahan lama. Perawatannya pun mudah, cukup dilap dengan kain.

Kekurangan:

Harga pelapis berbahan kulit lebih mahal. Selain itu, jangan biarkan sofa berbahan kulit terpapar sinar matahari langsung karena dapat membuat lapisan sofa cepat mengelupas.

Setiap jenis bahan tentu ada kekurangan dan kelebihannya. Pastikan saja Anda sudah memilih bahan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain menjaga kualitas kain pelapis sofa, jaga selalu kebersihan sofa dan area sekitar sofa dengan cara penguapan atau minimal dengan menggunakan vacuum cleaner secara rutin agar sofa tidak menjadi sarang kutu, sumber alergi, atau penyebab berbagai masalah kulit.

Artikel Terkait
5 Alasan Pentingnya Lampu Tidur
16 March 2017

Mungkin Anda beranggapan kalau kamar tidur tak perlu memiliki lampu tidur, cukup lampu utama saja

Dinding Bebas Rembes, Bebas Resah Saat Hujan
16 March 2017

Dengan frekuensi hujan yang cukup tinggi seperti sekarang, biasanya akan muncul sejumlah permasalahan di rumah Anda

Periksa 6 Hal Ini di Hunian saat Musim Hujan
16 March 2017

Musim hujan sudah datang. Belum mempersiapkan hunian menyambut musim hujan? Tidak ada kata terlambat.

Simulasikan Biaya dengan Jurnal Rumah

Dengan Jurnal Rumah, membangun rumah terasa lebih menyenangkan. Gunakan fitur Simulasi Biaya untuk menghitung estimasi biaya pembangunan rumah impian Anda.

MULAI >
Produk

Holcim hadir memberikan solusi lengkap untuk bahan bangunan, mulai dari semen, beton siap pakai, hingga produk agregat.

Cari Tahu