Kata Siapa Smart Home Harus Berdesain Minimalis?

Mendengar istilah “Smart Home” atau rumah ‘pintar’ yang canggih dan futuristik, mungkin Anda terbayang rumah yang berdesain simpel, kontemporer, minimalis, dengan dominasi warna-warna monokrom. Jika Anda memiliki rumah bergaya klasik atau Anda suka interior dengan gaya vintage, bukan berarti Anda tak bisa menerapkan teknologi canggih yang bisa membuat tamu-tamu Anda berdecak kagum.

Bagaimana cara memadukan teknologi ke rumah dengan desain klasik?  

Banyak cara yang dapat Anda coba untuk menerapkan teknologi canggih ke rumah yang berdesain selain minimalis kontemporer. Ingat, fungsi utama teknologi adalah untuk mempermudah aktivitas Anda dan keluarga sehari-hari, apapun desain rumah yang Anda huni saat ini.

Agar tidak terlalu timpang antara desain rumah dengan teknologi yang akan Anda gunakan, pertama-tama pilih home appliances dengan skema warna yang tak terlalu berbeda dengan skema warna rumah Anda. Kebanyakan peranti pintar hadir dalam warna monokrom atau netral sehingga apapun desain dan gaya interior rumah Anda, Anda akan bisa menerapkannya dengan mudah tanpa perbedaan yang terlalu mencolok.

Contoh dari barang-barang ‘pintar’ yang bisa Anda gunakan di rumah non-minimalis Anda adalah pembuka gerbang otomatis, lampu dengan sensor cahaya yang otomatis menyala saat hari mulai gelap lalu padam saat pagi menjelang, dan fitur smart lock serta termostat yang bisa Anda kontrol dari gawai. Anda bahkan bisa memasang speaker pintar yang memainkan lagu-lagu klasik atau nostalgia cukup dengan sekali klik, untuk mempertegas karakter rumah Anda. 

Selain untuk memudahkan hidup Anda sehari-hari, pertimbangkan juga apakah teknologi yang Anda terapkan bisa menghemat pemakaian energi dan mendukung ketahanan bangunan rumah Anda.

Nah, siapa bilang smart home hanya cocok untuk rumah berdesain modern minimalis? Semuanya tergantung bagaimana Anda ‘menyelipkan’ dan memanfaatkan home appliances canggih dan menjadikannya bagian dari desain yang Anda sukai.

Artikel Terkait
5 Alasan Pentingnya Lampu Tidur
16 March 2017

Mungkin Anda beranggapan kalau kamar tidur tak perlu memiliki lampu tidur, cukup lampu utama saja

Dinding Bebas Rembes, Bebas Resah Saat Hujan
16 March 2017

Dengan frekuensi hujan yang cukup tinggi seperti sekarang, biasanya akan muncul sejumlah permasalahan di rumah Anda

Periksa 6 Hal Ini di Hunian saat Musim Hujan
16 March 2017

Musim hujan sudah datang. Belum mempersiapkan hunian menyambut musim hujan? Tidak ada kata terlambat.

Simulasikan Biaya dengan Jurnal Rumah

Dengan Jurnal Rumah, membangun rumah terasa lebih menyenangkan. Gunakan fitur Simulasi Biaya untuk menghitung estimasi biaya pembangunan rumah impian Anda.

MULAI >
Produk

Holcim hadir memberikan solusi lengkap untuk bahan bangunan, mulai dari semen, beton siap pakai, hingga produk agregat.

Cari Tahu