DEKOR>INSPIRASI

5 Solusi Penyimpanan untuk Ruangan Kecil Minimalis  

Merasa perabotan mulai membuat ruangan sesak? Anda harus pandai mengatur tata letak agar ruangan kecil terlihat luas, bisa memuat semua barang tanpa terlihat sesak. Tidak perlu bingung mengatur isi hunian agar tetap nyaman meskipun hanya tersisa ruang kecil untuk menyimpan, 5 tips dan trik ini bisa jadi panduan Anda:

  1. Manfaatkan dinding rumah

Coba lihat sekeliling, tanpa Anda sadari bisa jadi masih banyak ruang yang masih bisa dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan. Coba lihat misalnya dinding rumah Anda. Manfaatkan sisi vertikal hunian dengan floating shelf atau rak yang dipasang pada dinding. Rak dinding ini bisa Anda manfaatkan untuk menyimpan barang-barang kecil seperti peralatan mandi, peralatan make up, hingga foto keluarga. 

  1. Isi sudut ruang

Biasanya sudut ruangan membuat Anda bingung memanfaatkannya. Ujung-ujungnya, Anda hanya menjadikannya sebagai tempat meletakkan tong sebagai tempat payung. Padahal sudut ruang bisa disulap jadi salah satu spot favorit di rumah. Anda bisa memanfaatkan storage multifungsi yang juga bisa menjadi bench atau sofa. Anda bisa menyimpan koran, majalah, bahkan perkakas, sepatu atau sandal.

 

  1. Simpan di bawah ranjang

Ruangan rumah Anda sudah tidak memungkinkan lagi meletakkan lemari atau rak besar untuk menyimpan barang-barang? Agar tidak menyita banyak ruang, simpan saja barang-barang di bawah ranjang. Anda bisa menggunakan boks portabel yang dimasukkan di bawah tempat tidur, dijamin barang-barang tak lagi terlihat berantakan. Atau jika Anda punya dana lebih, ganti ranjang lama Anda dengan dengan ranjang yang memiliki laci.

  1. Coba lihat di bawah tangga

Spot yang satu ini memang sering terlupakan. Anda pun membiarkannya berdebu tanpa memiliki kegunaan lebih. Padahal ruang kecil di bawah tangga bisa dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan tanpa harus “memakan tempat”. Anda dapat membuat rak buku, kabinet untuk penyimpanan perkakas, rak sepatu, gudang, meja kerja, bahkan toilet di bawah tangga. 

  1. Manfaatkan tembok dapur

Dapur biasanya tempat yang paling rentan berantakan di rumah karena banyaknya alat masak.  Sayangnya dapur rumah Anda tidak mempunyai ruang lagi untuk meletakkan rak untuk menyimpan alat masak. Pegboard bisa jadi solusi. Pilih pegboard berukuran sedang, padankan warnanya dengan cat tembok dapur, lalu gunakan untuk menggantungkan perkakas masak seperti panci, wajan, dan lain-lain.

Artikel Terkait
5 Alasan Pentingnya Lampu Tidur
Thursday, 16.03.2017

Mungkin Anda beranggapan kalau kamar tidur tak perlu memiliki lampu tidur, cukup lampu utama saja

Dinding Bebas Rembes, Bebas Resah Saat Hujan
Thursday, 16.03.2017

Dengan frekuensi hujan yang cukup tinggi seperti sekarang, biasanya akan muncul sejumlah permasalahan di rumah Anda

Periksa 6 Hal Ini di Hunian saat Musim Hujan
Thursday, 16.03.2017

Musim hujan sudah datang. Belum mempersiapkan hunian menyambut musim hujan? Tidak ada kata terlambat.

Rencanakan dengan Jurnal Rumah

Mewujudkan rumah impian Anda
dimulai dari sekarang. Dengan Jurnal Rumah, Anda dapat
merencanakan pembangunan rumah dengan mudah dan lebih terstruktur.

Mulai
Produk

Semen Holcim dengan Micro Filler Particle

Cari Tahu