4 Tips Mengecat Rumah Saat Musim Hujan

Saat Anda sudah mulai bosan dengan tampilan rumah, salah satu cara termudah untuk makeover adalah dengan mengubah warna dinding. Namun dengan cuaca tak menentu memasuki musim penghujan, proses mengecat rumah jadi tantangan tersendiri. Tak usah menunda rencana mengecat ulang. Simak tips di bawah ini untuk mengecat rumah saat musim hujan.

  1. Hindari cuaca mendung

Di tengah cuaca yang tak menentu, ada baiknya jika Anda menunggu saat cuaca sedang cerah, tidak mendung, atau selepas hujan agar tembok dalam keadaan kering. Selain itu, sebelum mengecat, Anda juga harus membersihkan segala kotoran yang menempel pada dinding, misalnya cipratan tanah akibat hujan. Sedangkan untuk menghindari hujan yang tidak diperkirakan sebelumnya, Anda dapat memasang tenda atau kanopi sederhana yang melindungi bagian dinding rumah yang akan dilapisi cat.

  1. Periksa terlebih dahulu kelembapan dinding

Salah satu hal yang dapat merusak cat tembok di saat musim hujan adalah tembok yang lembap. Hujan bisa membuat air terperangkap di dalam tembok. Tembok jadi lembap sehingga cat akan susah merekat dengan baik. Selain dinding, sebaiknya Anda juga memeriksa dan memperbaiki talang air terlebih dahulu, apalagi jika Anda akan mengecat ulang eksterior rumah. Kelembapan juga bisa disebabkan oleh rembesan air yang diakibatkan oleh talang air yang tidak terbangun dengan baik.

  1. Gunakan cat khusus eksterior

Untuk menjaga kualitas dinding, Anda harus memperhatikan jenis cat yang digunakan. Untuk bagian luar rumah, ada baiknya jika Anda memilih cat khusus eksterior yang berkualitas dari produsen cat tepercaya, memiliki daya tahan yang baik terhadap perubahan cuaca dan jamur.

  1. Perhatikan teknik pengecatan

Pastikan Anda menggunakan teknik pengecatan yang benar untuk mendapatkan mencapai hasil yang terbaik pula. Untuk hasil yang sempurna, aplikasikan satu lapisan tipis pada tembok, kemudian menjelang kering aplikasikan ulang satu lapisan di atasnya.

Sebelum memutuskan untuk mengecat ulang rumah, pastikan dinding yang akan dicat telah dibangun menggunakan bahan material terbaik agar tetap kuat, tidak bergelombang, atau mudah retak. Bila perlu, konsultasikan terlebih dahulu kepada arsitek atau perancang interior kepercayaan Anda agar makeover hunian Anda berjalan lancar!

Artikel Terkait
5 Alasan Pentingnya Lampu Tidur
16 March 2017

Mungkin Anda beranggapan kalau kamar tidur tak perlu memiliki lampu tidur, cukup lampu utama saja

Dinding Bebas Rembes, Bebas Resah Saat Hujan
16 March 2017

Dengan frekuensi hujan yang cukup tinggi seperti sekarang, biasanya akan muncul sejumlah permasalahan di rumah Anda

Periksa 6 Hal Ini di Hunian saat Musim Hujan
16 March 2017

Musim hujan sudah datang. Belum mempersiapkan hunian menyambut musim hujan? Tidak ada kata terlambat.

Simulasikan Biaya dengan Jurnal Rumah

Dengan Jurnal Rumah, membangun rumah terasa lebih menyenangkan. Gunakan fitur Simulasi Biaya untuk menghitung estimasi biaya pembangunan rumah impian Anda.

MULAI >
Produk

Holcim hadir memberikan solusi lengkap untuk bahan bangunan, mulai dari semen, beton siap pakai, hingga produk agregat.

Cari Tahu