DEKOR>INSPIRASI

4 Cara Dapur Segar Bebas Bau

Saat proses memasak di dapur sudah selesai, tak jarang bau bahan makanan seperti daging kambing atau ikan asin masih tercium dan menempel di ruangan dapur. Bahkan tidak hanya area dapur, bau ini juga akan menyebar ke seluruh ruangan rumah. Segera cegah bau tidak sedap dan jaga dapur agar tetap segar dengan 4 trik jitu di bawah ini:

  1. Punyai ventilasi yang baik

Cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah dapat membunuh kuman dan mengurangi kelembapan, apalagi di dapur. Gunakan prinsip ventilasi silang yang membuat bukaan pada beberapa titik yang berbeda, sehingga pertukaran udara akan terjadi lebih cepat.

  1. Memasang cooker hood

Jika desain atau tata letak dapur Anda tidak memungkinkan untuk membuat banyak bukaan ventilasi, cooker hood bisa sangat membantu menjaga kesegaran udara. Cooker hood mampu menghisap langsung sekurang-kurangnya 70% asap buangan ketika memasak agar tidak menyebar ke ruangan lain dalam rumah Anda.

  1. Sediakan dan selalu tutup tempat sampah

Selain tempat sampah di dalam dapur, sediakan juga tempat sampah di luar area dapur. Pastikan tempat sampah selalu tertutup rapat agar bau sampah tidak masuk ke area dapur. Selain agar baunya tidak menyebar, menutup tempat sampah akan mencegah lalat dan tikus masuk ke dalam dapur.

  1. Membersihkan lemari es

Membersihkan lemari es juga masuk dalam daftar prioritas. Hampir semua makanan yang Anda simpan di lemari es bisa menimbulkan bau tak sedap. Selalu catat tanggal kedaluwarsa setiap bahan makanan yang Anda beli dan bersihkan kulkas secara berkala. Segera buang bahan makanan yang kedaluwarsa lalu cairkan bunga es dan gunakan lap yang telah dibasahi cairan deterjen.

 

  1. Menghilangkan bau dengan cara alami

Untuk menyerap bau tidak sedap dan sebagai penyegar udara alami yang ampuh menghilangkan bau masakan yang tak hilang-hilang, Anda bisa merebus rempah-rempah seperti kayu manis, cengkeh dan kulit jeruk. Anda juga bisa meletakkan semangkuk kecil cuka putih, baking soda, atau bubuk kopi di meja dapur semalaman. Cara-cara alami ini mampu menghilangkan sisa bau masakan di keesokan harinya.

Kebersihan dapur yang terjaga, segar dan bebas bau punya dampak positif tak hanya untuk kesehatan Anda dan keluarga, namun juga membuat suasana hati Anda saat memasak lebih positif.

Artikel Terkait
5 Alasan Pentingnya Lampu Tidur
Thursday, 16.03.2017

Mungkin Anda beranggapan kalau kamar tidur tak perlu memiliki lampu tidur, cukup lampu utama saja

Dinding Bebas Rembes, Bebas Resah Saat Hujan
Thursday, 16.03.2017

Dengan frekuensi hujan yang cukup tinggi seperti sekarang, biasanya akan muncul sejumlah permasalahan di rumah Anda

Periksa 6 Hal Ini di Hunian saat Musim Hujan
Thursday, 16.03.2017

Musim hujan sudah datang. Belum mempersiapkan hunian menyambut musim hujan? Tidak ada kata terlambat.

Rencanakan dengan Jurnal Rumah

Mewujudkan rumah impian Anda
dimulai dari sekarang. Dengan Jurnal Rumah, Anda dapat
merencanakan pembangunan rumah dengan mudah dan lebih terstruktur.

Mulai
Produk

Semen Holcim dengan Micro Filler Particle

Cari Tahu