3 Pertimbangan Sebelum Membuat Ruang Kerja di Kamar Tidur

Membawa pulang pekerjaan kantor ke rumah bukan hal yang asing lagi. Salah satu alasannya adalah agar pekerjaan kantor tak menumpuk besok. Ada pula yang merasa bisa lebih maksimal bekerja di rumah dibandingkan di kantor. Work station atau meja kerja di kamar tidur pun jadi solusi, apalagi jika luas hunian Anda terbatas.  

Namun sebelum memutuskan membuat dan menata ruang kerja di kamar tidur, pertimbangkan 3 faktor berikut: 

  1. Perhatikan ukuran kamar

Fungsi utama kamar tidur adalah sebagai ruang pribadi untuk beristirahat. Membuat tempat kerja di kamar Anda berarti harus membagi waktu antara istirahat dan bekerja, terlebih jika Anda memiliki pasangan. Jangan sampai pekerjaan Anda mengganggu privacy pasangan. Karena itu, berikan batas antara area tidur dengan area kerja. Ukuran kamar sangat menentukan cara Anda membagi kedua area ini. Untuk kamar tidur yang luas, Anda dapat memasang sekat atau partisi antara tempat kerja dengan tempat tidur. Apabila kamar tidur tidak terlalu luas, Anda bisa meletakkan rak multifungsi atau memasang karpet sebagai penanda area kerja.

  1. Pola dan kebiasaan tidur

Pekerjaan sering membuat Anda begadang dan mengabaikan istirahat. Membuat work station di kamar tidur bisa membuat Anda makin workaholic dan memengaruhi jam tidur. Karena itu pertimbangkan kebiasaan tidur Anda, siapa tahu Anda tak perlu membuat ruang kerja, cukup bekerja dengan posisi rileks di tempat tidur.

  1. Prioritas dan urgensi pekerjaan

Tanpa prioritas, pekerjaan yang menumpuk akan berantakan. Begitu juga yang terjadi saat Anda membawa pekerjaan ke rumah. Buat skala prioritas dan durasi penyelesaian pekerjaannya di rumah berdasarkan urgensi. Siapa tahu dengan bekerja lebih efektif di kantor, ada pekerjaan-pekerjaan yang tak perlu Anda bawa pulang. Jika demikian, Anda tak perlu membuat ruang kerja di kamar tidur.

Yang tak kalah penting, jangan sampai kehadiran meja kerja di kamar tidur memengaruhi quality time Anda bersama keluarga. Lanjutkan pekerjaan jelang tidur atau saat pasangan dan anak-anak telah terlelap agar waktu mereka bersama Anda tidak berkurang.

Nah, jika Anda sudah mantap membuat ruang kerja di kamar tidur, jadikan work station Anda nyaman dengan memilih tone warna yang selaras dengan warna dominan pada kamar, termasuk saat mengaplikasikan pada finishing meja, kursi, maupun pemisah ruangan. Sebagai sentuhan terakhir, percantik area kerja Anda dengan elemen dekoratif seperti tanaman hias di sudut meja atau kolase pada dinding.

Artikel Terkait
5 Alasan Pentingnya Lampu Tidur
16 March 2017

Mungkin Anda beranggapan kalau kamar tidur tak perlu memiliki lampu tidur, cukup lampu utama saja

Dinding Bebas Rembes, Bebas Resah Saat Hujan
16 March 2017

Dengan frekuensi hujan yang cukup tinggi seperti sekarang, biasanya akan muncul sejumlah permasalahan di rumah Anda

Periksa 6 Hal Ini di Hunian saat Musim Hujan
16 March 2017

Musim hujan sudah datang. Belum mempersiapkan hunian menyambut musim hujan? Tidak ada kata terlambat.

Simulasikan Biaya dengan Jurnal Rumah

Dengan Jurnal Rumah, membangun rumah terasa lebih menyenangkan. Gunakan fitur Simulasi Biaya untuk menghitung estimasi biaya pembangunan rumah impian Anda.

MULAI >
Produk

Holcim hadir memberikan solusi lengkap untuk bahan bangunan, mulai dari semen, beton siap pakai, hingga produk agregat.

Cari Tahu