3 Kebiasaan untuk Menciptakan Kamar Mandi yang Lebih Ramah Lingkungan

Kekurangan air bersih kini telah menjadi isu global. Di tahun 2025, diperkirakan 2,7 milyar orang atau sepertiga penduduk bumi akan kesulitan mendapatkan air bersih. Anda bisa berkontribusi mencegah krisis air dunia dan menyelamatkan bumi mulai dari kebiasaan sehari-hari, salah satunya di kamar mandi. Simak 3 langkah efektif hemat air dan energi di kamar mandi.

 

  1. Bijak gunakan air

Upaya menyelamatkan Bumi diawali dari mengubah kebiasaan sehari-hari. Dilansir dari Hello Sehat, air keran yang dipakai untuk mengisi bak mandi mampu memompa hingga 9,5 liter air per menit. Jadi jika Anda membiarkan keran menyala selama 10 menit, Anda akan ‘membuang’ 95 liter air. Karena itu jangan biarkan keran air menyala tak perlu. Biasakan untuk mematikan keran sejenak saat Anda sedang menyabuni badan atau menyikat gigi. Gunakan aerator pada keran yang berfungsi mengalirkan air ke lubang-lubang kecil sehingga mengurangi percikan dan membuat aliran air lebih konsisten. Tak lupa, perhatikan kondisi pipa keran. Segera perbaiki bila terjadi kebocoran sehingga tidak ada air yang terbuang sia-sia. Terakhir, jika Anda terbiasa mandi pakai gayung, cobalah beralih menggunakan shower supaya jumlah air yang dipakai lebih terkontrol.

  1. Hemat listrik

Salah satu peralatan yang kerap menyedot daya listrik di kamar mandi adalah exhaust fan dan lampu kamar mandi. Untuk menghemat listrik, maksimalkan pencahayaan dan sirkulasi udara kamar mandi dengan menempatkan jendela di sisi kamar mandi yang terpapar sinar matahari agar Anda bisa mengurangi penggunaan lampu dan exhaust fan di pagi dan siang hari. Ingatlah untuk mematikan lampu usai menggunakan kamar mandi. Bila perlu, pasang exhaust fan yang otomatis menyala atau mati bersama lampu kamar mandi. Ubah kebiasaan dengan selalu mencabut peralatan elektronik di kamar mandi jika tak digunakan, misalnya pengering rambut, alat cukur, dan sebagainya.

  1. Pilih produk kamar mandi yang eco-friendly

Anda bisa menyicil mengganti peralatan elektronik di kamar mandi Anda dengan produk-produk yang peduli dengan kelestarian lingkungan. Cari produk yang punya spesifikasi hemat air dan energi. Awali dengan beralih dari lampu pijar ke lampu LED yang lebih hemat energi. Anda juga bisa memilih toilet yang menggunakan teknologi flush yang mampu mengatur aliran air agar lebih terkontrol.

Selain di kamar mandi, Anda juga bisa menerapkan prinsip hemat air dan energi saat proses pembangunan atau renovasi hunian, pilih dan gunakan produk yang peduli dengan masa depan lingkungan seperti Holcim WallMax. Holcim WallMax hadir dengan inovasi khusus untuk aplikasi dinding yang halus, berkat formula Micro Filler Particle dan ‘smoothing agent’.  Selain membuat dinding halus, minim retak, dan lebih mudah membentuk profil atau sudut, Holcim WallMax juga membuat pekerjaan lebih cepat selesai karena adukannya pulen dan daya rekatnya lebih baik sehingga biaya pembangunan menjadi lebih efisien.

Artikel Terkait
5 Alasan Pentingnya Lampu Tidur
16 March 2017

Mungkin Anda beranggapan kalau kamar tidur tak perlu memiliki lampu tidur, cukup lampu utama saja

Dinding Bebas Rembes, Bebas Resah Saat Hujan
16 March 2017

Dengan frekuensi hujan yang cukup tinggi seperti sekarang, biasanya akan muncul sejumlah permasalahan di rumah Anda

Periksa 6 Hal Ini di Hunian saat Musim Hujan
16 March 2017

Musim hujan sudah datang. Belum mempersiapkan hunian menyambut musim hujan? Tidak ada kata terlambat.

Simulasikan Biaya dengan Jurnal Rumah

Dengan Jurnal Rumah, membangun rumah terasa lebih menyenangkan. Gunakan fitur Simulasi Biaya untuk menghitung estimasi biaya pembangunan rumah impian Anda.

MULAI >
Produk

Holcim hadir memberikan solusi lengkap untuk bahan bangunan, mulai dari semen, beton siap pakai, hingga produk agregat.

Cari Tahu