DEKOR>INSPIRASI

3 Cara Memaksimalkan Desain Ruang Kerja di Rumah

Desain ruang kerja ternyata dapat memengaruhi kreativitas seseorang dalam bekerja, lho. Apalagi jika Anda menjadikan rumah sebagai kantor, atau home office. Perhatikan apakah desain ruang kerja di rumah sudah nyaman dan mampu membuat Anda kreatif dan efektif bekerja? Kalau Anda masih merasa belum produktif dan ada yang kurang dengan desain ruang kerja Anda, lakukan penataan ulang seperti yang disarankan arsitek sekaligus konsultan psikologi desain, Barbara Lyons Stewart berikut ini:

  1. Sejukkan dengan sentuhan warna hijau

Tak jarang ide kreatif muncul ketika sedang berjalan kaki atau bersepeda di taman sambil menghirup udara segar. Nah, mengapa tidak membawa kebaikan alam ke dalam ruangan? Riset dari University of Munich tahun 2012 menemukan bahwa warna hijau bisa membantu meningkatkan kreativitas. Maka, tak ada salahnya menghadirkan sentuhan hijau pada home office Anda dalam bentuk tanaman hias di sudut ruangan atau aksesori seperti permadani dan lampu meja. Jika space di area home office Anda tidak memungkinkan, Anda tetap bisa menghadirkan nuansa hijau melalui wallpaper di salah satu sisi dinding.

  1. Gunakan material alam & atur intensitas cahaya

Salah satu tantangan bekerja di rumah adalah rasa bosan. Kadang saat bekerja di rumah, Anda malah ingin bekerja dari luar rumah. Untuk itu, Stewart menyarankan penggunaan material alam pada ruang kerja. Ketimbang bahan metal dan plastik, pilihlah meja dari bahan kayu atau kursi berbahan anyaman bambu. Pertimbangkan pula untuk menggunakan furnitur dengan bentuk melengkung atau dengan kurva agar suasana ruang kerja Anda jadi lebih santai.

Untuk penerangan, gunakan lampu meja dengan pencahayaan lembut untuk membantu Anda berkonsentrasi dan fokus pada pekerjaan di depan Anda. Hindari lampu dengan cahaya yang terlalu terang karena justru akan membuat mata cepat lelah. Namun jika menungkinkan, desain home office agar bisa memaksimalkan sinar matahari selama siang hari. Bila tidak bisa meletakkan meja di dekat jendela, cobalah tempatkan cermin di area ruang kerja untuk merefleksikan cahaya dari jendela terdekat.

  1. Posisikan meja kerja menghadap pintu

Kreativitas akan lebih mudah tercipta bila Anda bisa mengendalikan dan mengurangi stres. Salah satu caranya dengan memosisikan meja kerja menghadap pintu. Dengan begitu Anda bisa langsung melihat orang yang keluar masuk tanpa harus berbalik badan atau menengok ke belakang berulang. Menurut Stewart berulang kali menengok seperti ini dapat memicu stres.

Artikel Terkait
5 Alasan Pentingnya Lampu Tidur
Thursday, 16.03.2017

Mungkin Anda beranggapan kalau kamar tidur tak perlu memiliki lampu tidur, cukup lampu utama saja

Dinding Bebas Rembes, Bebas Resah Saat Hujan
Thursday, 16.03.2017

Dengan frekuensi hujan yang cukup tinggi seperti sekarang, biasanya akan muncul sejumlah permasalahan di rumah Anda

Periksa 6 Hal Ini di Hunian saat Musim Hujan
Thursday, 16.03.2017

Musim hujan sudah datang. Belum mempersiapkan hunian menyambut musim hujan? Tidak ada kata terlambat.

Rencanakan dengan Jurnal Rumah

Mewujudkan rumah impian Anda
dimulai dari sekarang. Dengan Jurnal Rumah, Anda dapat
merencanakan pembangunan rumah dengan mudah dan lebih terstruktur.

Mulai
Produk

Semen Holcim dengan Micro Filler Particle

Cari Tahu