CERITA RUMAH > RUMAH MUNGIL NAN LAPANG

Rumah Mungil nan Lapang

 

Memiliki rumah luas sepertinya sudah menjadi impian bagi semua orang. Namun, jika luas rumah tidak terlalu besar, apa yang bisa dilakukan? Tenang saja, Holcim akan memberikan solusi bagi kamu.

 

 

 

 

 

Kali ini, Holcim berkesempatan untuk mengulas rumah dari Christopher Arnaldi yang akrab disapa dengan Aldi. Aldi tinggal bersama kedua orang tua dan saudara laki-lakinya di daerah Jakarta Barat. Rumah Aldi memiliki luas 7 x 17 meter atau kurang lebih 119 meter.

Dengan luas tanah yang tidak begitu besar, Aldi dan keluarga mampu menyulap rumah menjadi terlihat lapang dan nyaman.

 

 

 

 

 

 

Aldi dan keluarga baru setahun ini menempati tempat tinggalnya. Aldi yang berprofesi sebagai arsitek menjelaskan bahwa zaman sekarang ini, banyak orang yang ingin menghabiskan lahannya untuk dibangun rumah. Kebanyakan orang katanya, tidak ingin menyisihkan lahan sedikitpun karena alasan sayang. Hal ini menyebabkan antar rumah saling berdempetan.

Namun, Aldi tidak ingin hal tersebut diaplikasikan ke rumahnya. Pada bagian kanan rumah Aldi, disisihkan kira-kira 1 x 4 meter untuk lahan kosong. Lahan ini dimanfaatkan agar jendela rumahnya bisa dibuka dan tidak langsung berhadapan dengan rumah sebelah. Lahan kosong ini juga dimanfaatkan untuk kandang tiga anjing lucu miliknya.

 

 

 

 

 

 

Menurut Aldi hal yang paling utama pada rumah miliknya yaitu sirkulasi udara dan penerangan. Dengan begitu ia dapat mengurangi penggunaan listrik untuk lampu maupun AC.

Hal ini juga ia aplikasikan hampir pada setiap ruangan rumahnya, tidak terkecuali di lantai dua yang merupakan area ruang keluarga, di lantai ini sirkulasi udara berpusat pada jendela kamar mandi yang selalu terbuka. Adanya sirkulasi udara ini juga membuat rumah Aldi selalu sejuk walau tanpa menggunakan AC.

 

 

 

 

 

 

 

Bagaimana sih cara menciptakan rumah kecil menjadi terlihat luas?

Di lantai dua rumah Aldi terdapat sebuah ruang tamu / foyer minimalis yang menjadi poin utama. Ruangan ini dilengkapi dengan interior kayu jati yang identik dengan desain Jepang. Namun, banyak juga yang mengatakan jika dekorasi di ruangan tersebut memiliki sentuhan Scandanavian.

Untuk membuat area rumah menjadi terlihat lebih luas dan rapi, Aldi memberikan tipsnya agar semua barang memiliki cabinet tertutup, dengan begitu tidak ada lagi barang - barang yang menghalangi jalan dan tidak sesuai dengan tempatnya.

Pemilik Rumah: Christopher Arnaldi (Instagram: @arnaldiii)

Foto oleh: Kelvin Wiriadinata (Instagram: @kwiriadinata)

Notes: Silakan menghubungi Holcim, bila ada info yang ingin diubah, dihapus atau ingin ditampilkan pada halaman cerita rumah ini.