Tips Hemat Merenovasi Rumah Second

Berhasil membeli rumah adalah salah satu pencapaian dalam hidup. Namun kadang Anda harus berkompromi dan membeli rumah second.  Meski bukan rumah hasil membangun sendiri sejak awal, bukan berarti rumah tersebut tak bisa jadi rumah impian Anda. Bisa jadi rumah siap pakai yang Anda beli akan menjadi rumah impian melalui renovasi.

Renovasi rumah adalah perbaikan atau perubahan bentuk fisik atau instalasi yang terdapat di dalam rumah agar berfungsi, aman, nyaman, dan estetis. Renovasi dapat dilakukan sebagian maupun menyeluruh, tergantung keinginan dan kebutuhan si pemilik rumah. 

Ada hal-hal tertentu yang perlu Anda perhatikan dalam merenovasi rumah second agar tidak terjadi pembengkakan biaya atau hasil akhir kurang memuaskan. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Membuat skala prioritas renovasi

Hal paling utama adalah menggambar ulang rumah Anda dan bentuk rumah yang diinginkan. Misalnya jika Anda ingin memperbaiki bagian fasad, prioritaskanlah bagian tersebut. Rencanakan sedetil mungkin sambil estimasi biaya renovasinya secara teliti. Cara ini bertujuan agar tujuan renovasi tidak melebar ke bagian lain dan berdampak pada pembengkakan biaya.

  1. Menghitung pekerjaan dengan rumus dasar renovasi

Ingatlah bahwa tujuan renovasi adalah memperbaiki, bukan mengganti dengan yang baru secara keseluruhan. Harga bahan bangunan, tenaga dan durasi pekerjaannya harus dihitung dengan baik karena akan menentukan biaya renovasi. Seringkali pada saat renovasi rencana ini berubah dan merambah bagian lain yang tidak masuk perhitungan sebelumnya sehingga mengakibatkan pembengkakan biaya. Konsisten dengan rumusan dasar renovasi akan menjaga jumlah pengeluaran dan rencana prioritas renovasi. Rumusan tersebut berbentuk Rencana Anggaran Biaya atau RAB.

  1. Menghemat biaya dengan bahan bangunan bekas masih layak pakai

Jika sebelumnya Anda pernah membangun atau merenovasi rumah, coba cek apakah ada sisa bahan bangunan yang masih bisa dipakai. Alternatifnya, Anda bisa mencari di toko bahan bangunan bekas. Cara ini tentu menantang kreativitas Anda. Banyak material bangunan secondhand yang masih bisa digunakan kembali seperti genteng, pintu atau jendela beserta kusennya, wastafel, dan pecahan marmer. Dengan sedikit perbaikan dan pewarnaan, barang-barang bekas tersebut bisa terlihat baru atau memberi sentuhan vintage di rumah Anda.

  1. Cermat memilih bahan bangunan

Sebagai simulasi, untuk membangun dengan batu bata seluas 10 meter persegi, dibutuhkan waktu tujuh jam. Sedangkan untuk bata beton atau bataton, waktu pengerjaan tujuh jam dapat menyelesaikan 15 - 20 meter persegi. Untuk plesteran, bata merah membutuhkan plester dan aci, sementara bataton hanya cukup diplester dengan ketebalan 5 – 8 mm. Hal yang sama juga terjadi saat membuat jalur instalasi listrik atau pipa air. Pada dinding bata, jalur ini harus dibuat secara manual setelah dinding jadi. Sementara pada bataton, disediakan instalasi khusus yang tak merusak dinding. Perlu diingat bahwa efisiensi waktu pengerjaan berpengaruh pada biaya, begitu pula harga bahan bangunan yang ditentukan oleh kualitasnya.

  1. Pilih pemborong atau pekerja bangunan yang tepercaya

Hal ini bisa menentukan durasi pengerjaan dan kualitas hasilnya. Karena itu, pilihlah kontraktor yang berpengalaman, jujur, serta profesional. Tak heran jika banyak orang mempekerjakan tukang dan kontraktor yang sudah dipercaya.

  1. Siapkan biaya tak terduga

Meski sudah diperhitungkan masak-masak, Anda tetap harus memasukkan biaya tak terduga dengan nominal antara 5 – 10% dari total anggaran. Tujuannya untuk menutupi pengeluaran di luar anggaran yang biasanya disebabkan perubahan harga atau rencana.

Saat renovasi, pastikan Anda bijak dan cermat menyesuaikan impian dengan anggaran dan gunakan hanya bahan bangunan berkualitas agar rumah Anda kokoh dan terjaga hingga generasi mendatang.

Artikel Terkait
Rak Buku untuk Mempercantik Tampilan
16 March 2017

Untuk mengatasi semakin terbatasnya ruang dalam rumah modern, kini sudah sangat banyak ditemukan furnitur yang sekaligus berfungsi sebagai dekorasi

Jendela Besar untuk Kamar Tidur Terang dan Sehat
16 March 2017

Jendela adalah salah satu sumber cahaya alami untuk membangun rumah yang sehat sekaligus hemat energi

Nyaman dengan Kamar Tidur ala Resor
16 March 2017

Musim hujan seperti ini membuat Anda rindu hangatnya matahari dan suasana nyaman di resor.

Rencanakan dengan Jurnal Rumah

Mewujudkan rumah impian Anda
dimulai dari sekarang. Dengan Jurnal Rumah, Anda dapat
merencanakan pembangunan rumah dengan mudah dan lebih terstruktur.

Mulai
Produk

Holcim hadir memberikan solusi lengkap untuk bahan bangunan, mulai dari semen, beton siap pakai, hingga produk agregat.

Cari Tahu