Perhatikan 4 Hal Ini Saat Menata Rumah Agar Aman bagi Orang Tua Tercinta

Saat akan membangun atau merenovasi rumah, Anda perlu mempertimbangkan keamanan dan kenyamanan seluruh anggota keluarga. Tak hanya untuk anak-anak, tapi juga orang tua Anda. Apalagi mengingat kondisi fisik mereka yang tak lagi prima. Tak perlu membongkar dan membangun ulang rumah, cukup periksa kondisi rumah dan perhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Usia rumah

Setiap rumah memiliki usia bangunan. Meskipun telah melewati usianya dan menurut Anda rumah Anda tetap kokoh dan layak huni, tetap periksa kondisi bangunan secara menyeluruh. Lakukan secara rutin. Jika Anda menemukan kerusakan sekecil apapun, segera perbaiki sebelum kerusakannya meluas atau bertambah parah dan mengganggu kenyamanan orang tua Anda.

  1. Penempatan furnitur

Coba perhatikan apakan peletakan furnitur menghambat mobilitas dan aksesibilitas orang tua Anda. Jika ya, perabotan seperti lemari, sofa, meja makan, dan pernik dekorasi lainnya harus ditata ulang. Buat ruang seluas-luasnya untuk ruang gerak orang tua Anda. Singkirkan atau amankan barang-barang yang membahayakan keselamatan. Pindahkan juga perabotan pecah belah ke titik yang tidak mengganggu ruang gerak mereka.

  1. Perhatikan apakah perlu memasang pengaman di area tertentu

Kamar mandi adalah salah satu lokasi paling sering terjadi kecelakaan pada orangtua. Lantai licin atau keset basah yang membuat terpeleset harus menjadi perhatian Anda. Anda bisa mengganti lantai kamar mandi dengan tegel yang tidak licin saat basah atau melapisi bagian bawah keset dengan keset karet. Bila perlu, pasang pegangan tangan di beberapa titik pada dinding kamar mandi sebagai pengaman dan untuk mengantisipasi jika orang tua Anda terpeleset.

  1. Cek kondisi instalasi listrik, atap, pipa, dan sanitasi

Instalasi listrik yang berumur akan berbahaya bagi penghuni rumah karena bisa memicu hubungan pendek arus listrik. Kabel-kabel yang tak rapi di lantai juga bisa membuat orang tua Anda tersandung. Agar orang tua tetap nyaman tinggal di rumah dan  terhindar dari bahaya yang disebabkan oleh masalah-masalah tersebut, lakukan pemeriksaan berkala. Segera perbaiki dan ganti dengan yang baru, bila perlu. Misalnya, tambal kabel yang terbuka atau terkelupas dengan selotip listrik atau ganti jika kerusakannya parah. Untuk saluran pembuangan, pastikan saluran selalu lancar dan pembuangan tidak terhambat. Begitu juga dengan atap, saluran limpasan hujan, serta genteng. Segera perbaiki sebelum musim hujan dan terjadi kebocoran.  

Selain hal-hal di atas, secara umum, rumah yang aman bagi lansia adalah rumah yang bersih, mempermudah mobilitas mereka, memiliki sistem sanitasi dan sirkulasi udara yang sehat, serta kondisi bangunan yang kokoh. Yang tak kalah penting, selalu lakukan perawatan berkala agar Anda dapat mencegah masalah-masalah yang mungkin muncul pada bangunan.

Jika Anda berencana melakukan renovasi di area tertentu rumah untuk orang tua Anda, gunakan bahan bangunan berkualitas terbaik untuk keamanan dan kenyamanan mereka. Gunakan Holcim WallMax yang diformulasikan dengan Micro Filler Particle dan smoothing agent untuk dinding dengan hasil akhir yang halus, minim retak, dan tahan lama.

Artikel Terkait
Rak Buku untuk Mempercantik Tampilan
16 March 2017

Untuk mengatasi semakin terbatasnya ruang dalam rumah modern, kini sudah sangat banyak ditemukan furnitur yang sekaligus berfungsi sebagai dekorasi

Jendela Besar untuk Kamar Tidur Terang dan Sehat
16 March 2017

Jendela adalah salah satu sumber cahaya alami untuk membangun rumah yang sehat sekaligus hemat energi

Nyaman dengan Kamar Tidur ala Resor
16 March 2017

Musim hujan seperti ini membuat Anda rindu hangatnya matahari dan suasana nyaman di resor.

Simulasikan Biaya dengan Jurnal Rumah

Dengan Jurnal Rumah, membangun rumah terasa lebih menyenangkan. Gunakan fitur Simulasi Biaya untuk menghitung estimasi biaya pembangunan rumah impian Anda.

MULAI >
Produk

Holcim hadir memberikan solusi lengkap untuk bahan bangunan, mulai dari semen, beton siap pakai, hingga produk agregat.

Cari Tahu