Merenovasi Rumah dengan Cara Ramah Anak

Seiring berjalannya waktu, hunian butuh penyesuaian secara berkala. Mungkin sedikit perbaikan di area dapur, perluasan gudang,  atau menambah kamar tidur baru untuk menerima tamu. Sayangnya, proses renovasi rumah dapat mengancam kesehatan dan keselamatan anak. Tentu ini membuat Anda dilema ketika renovasi sudah tak bisa ditunda lagi. Namun Hoclimers tak perlu khawatir, berikut tips agar renovasi rumah tidak menganggu kenyamanan dan kesehatan si Kecil.

  1. Jauhkan anak dari lokasi renovasi

Area renovasi akan penuh polusi (debu, zat kimia, serutan kayu, suara). Selain rentan terserang iritasi, batuk, bahkan asma, anak pun akan sulit beristirahat dan beraktivitas. Selain itu, Anda tentu tidak mau mereka bermain dengan gergaji, paku, palu atau kuas cat. Bila perlu, ungsikan anak ke rumah lain untuk sementara waktu hingga proses renovasi selesai.

  1. Gunakan bahan bangunan yang ramah anak

Sudah waktunya Anda peduli dengan detil seperti keamanan material bangunan. Kini telah tersedia cat dinding yang minim atau bebas timbal dan bahan bangunan alami (kayu, bambu, batu alam). Meski harganya lebih mahal, umumnya bahan-bahan tersebut memiliki sertifikasi, ramah lingkungan, dan aman untuk keluarga.  

  1. Beri jeda setelah renovasi selesai

Usai renovasi, ruangan perlu diisolasi selama 4-8 minggu. Pastikan area rumah pasca renovasi sudah benar-benar bersih sebelum kembali ditempati. Bila perlu, gunakan masker dan sarung tangan ketika Anda membereskan ruangan hingga bebas perkakas, debu, dan aroma cat atau pelitur. Biarkan ruangan terbuka untuk sementara waktu agar terjadi pertukaran udara.

  1. Hadirkan kejutan kecil bagi buah hati

Ketika Anda melakukan renovasi, tidak ada salahnya Anda sekaligus mendekorasi ulang kamar anak sebagai kejutan yang menyenangkan. Perbarui desain kamar tidur anak dengan menghadirkan warna favoritnya lewat tampilan dinding yang mulus juga tokoh-tokoh kartun melalui seprai, bantal, dan ragam aksesori lainnya.

Gunakan hanya bahan-bahan bangunan terbaik dalam merenovasi rumah agar hasil akhirnya memuaskan dan tahan lama. Untuk semen, percayakan pada Semen Holcim yang kini formulanya telah bersertifikasi Green Label dari Singapura dan semakin disempurnakan dengan teknologi Micro Filler Particle untuk mengisi setiap rongga sehingga dinding merekat kuat, kokoh, dan memiliki permukaan yang halus.

Artikel Terkait
Rak Buku untuk Mempercantik Tampilan
16 March 2017

Untuk mengatasi semakin terbatasnya ruang dalam rumah modern, kini sudah sangat banyak ditemukan furnitur yang sekaligus berfungsi sebagai dekorasi

Jendela Besar untuk Kamar Tidur Terang dan Sehat
16 March 2017

Jendela adalah salah satu sumber cahaya alami untuk membangun rumah yang sehat sekaligus hemat energi

Nyaman dengan Kamar Tidur ala Resor
16 March 2017

Musim hujan seperti ini membuat Anda rindu hangatnya matahari dan suasana nyaman di resor.

Simulasikan Biaya dengan Jurnal Rumah

Dengan Jurnal Rumah, membangun rumah terasa lebih menyenangkan. Gunakan fitur Simulasi Biaya untuk menghitung estimasi biaya pembangunan rumah impian Anda.

MULAI >
Produk

Holcim hadir memberikan solusi lengkap untuk bahan bangunan, mulai dari semen, beton siap pakai, hingga produk agregat.

Cari Tahu