Memperbaiki Dinding Bergelombang? Ini 5 Caranya!

Ketika hunian idaman Anda jadi kenyataan, tentunya Anda ingin kesempurnaan di setiap ruangan. Meski sepintas sepele, dinding yang hasil akhirnya tidak rata, bahkan bergelombang, tentu akan sangat mengganggu pemandangan. Permukaan dinding bergelombang biasanya terjadi karena proses pengacian yang kurang rapi. Bila telanjur terjadi, tak perlu khawatir, Anda dapat memperbaiki dinding yang bergelombang dengan cara-cara sederhana di bawah ini:

  1. Kupas lapisan cat di dinding

Langkah awal yang bisa Anda lakukan adalah mulai mengupas lapisan cat yang melapisi dinding. Gunakan kape untuk melepaskan lapisan cat tersebut. Lakukan dengan tekun dan rapi hingga cat terkelupas dan lapisan acian mulai terlihat.

  1. Bersihkan permukaan dinding

Berikutnya, Anda harus membersihkan permukaan dinding agar sisa-sisa lapisan cat menghilang dengan baik dari permukaan. Selain itu, debu dan kotoran yang menempel di permukaan dinding juga harus dibersihkan dengan benar. Jika ada sisa debu dan kotoran di permukaan tembok, daya rekat yang dimiliki oleh adukan acian akan berkurang dan membuat lapisan acian yang baru mudah rontok.

  1. Gunakan air untuk membasahi dinding

Langkah ketiga, basahi permukaan dinding air. Tujuan utamanya adalah untuk mencegah terjadinya ‘retak rambut’ pada permukaan dinding, terutama saat proses pengacian ulang. ‘Retak rambut’ disebabkan rendahnya kualitas semen atau adukan dengan komposisi yang kurang tepat. Dinding yang basah dapat membantu proses pengeringan lapisan acian baru berjalan dengan normal.

  1. Pilih bahan berkualitas saat pengacian ulang

Penggunaan bahan bangunan terbaik sangat penting saat melakukan pengacian ulang pada dinding. Agar mendapatkan hasil acian terbaik yang rapi dan halus, gunakan Holcim Acian, mortar instan untuk pengerjaan acian dengan bahan dasar semen, pasir silica, dan bahan-bahan lainnya untuk hasil akhir dinding yang sempurna.

  1. Penerapan Plamir & Pengecatan kembali

 

Saat acian selesai, Anda dapat menerapkan plamir yang biasanya digunakan sebagai cat dasar. Lapisan ini akan berada di antara acian dan cat dinding. Anda dapat membeli produk plamir khusus, atau membuat sendiri dengan mencampurkan milk atau sejenis kalsium dengan lem bangunan. Setelah selesai, Anda tinggal menyempurnakan keindahan dinding dengan mengecat kembali dengan warna yang Anda inginkan!

Tidak terlalu sulit, bukan? Langkah-langkah di atas dapat Anda lakukan sendiri. Namun ada baiknya Anda menggunakan jasa profesional tepercaya untuk memastikan hasil terbaik dalam proses pembangunan hunian. Yang terpenting, gunakan hanya material bangunan terbaik untuk mencegah dinding bergelombang pada hunian impian Anda. Pilih Holcim Acian yang mudah diaplikasikan, tarikan lebih ringan, hasil lebih halus dengan warna abu-abu muda, dan mengurangi retak rambut.

Artikel Terkait
Rak Buku untuk Mempercantik Tampilan
16 March 2017

Untuk mengatasi semakin terbatasnya ruang dalam rumah modern, kini sudah sangat banyak ditemukan furnitur yang sekaligus berfungsi sebagai dekorasi

Jendela Besar untuk Kamar Tidur Terang dan Sehat
16 March 2017

Jendela adalah salah satu sumber cahaya alami untuk membangun rumah yang sehat sekaligus hemat energi

Nyaman dengan Kamar Tidur ala Resor
16 March 2017

Musim hujan seperti ini membuat Anda rindu hangatnya matahari dan suasana nyaman di resor.

Simulasikan Biaya dengan Jurnal Rumah

Dengan Jurnal Rumah, membangun rumah terasa lebih menyenangkan. Gunakan fitur Simulasi Biaya untuk menghitung estimasi biaya pembangunan rumah impian Anda.

MULAI >
Produk

Holcim hadir memberikan solusi lengkap untuk bahan bangunan, mulai dari semen, beton siap pakai, hingga produk agregat.

Cari Tahu