Dinding Bebas Lembap, Tetap Kokoh di Musim Hujan

Musim hujan telah tiba dan bisa jadi ujian untuk ketahanan rumah Anda. Permasalahan yang bisa terjadi di musim penghujan antara lain kebocoran, air rembes, bahkan banjir.

Banjir bisa terjadi karena rumah berada di wilayah rawan banjir, saluran pembuangan yang buruk, atau bencana alam yang tak bisa diprediksi manusia. Kebocoran dapat disebabkan atap yang pecah atau saluran air yang terganggu seperti terhalang sampah. Kebocoran dapat pula menyebabkan rembesan di tembok jika tak segera ditanggulangi.

Sedangkan rembesan bisa terjadi karena:

  • Dinding mengalami retak rambut di area basah seperti kamar mandi atau tempat cucian;
  • Ada masalah pada talang air, saluran pembuangan air di lantai atas, atau dak beton yang bocor;
  • Dinding bagian luar rumah tidak diplester atau plesternya tidak cukup kuat menahan air;
  • Komposisi plesteran yang salah pada kamar mandi hingga menyebabkan rembesan; dan
  • Naiknya air tanah secara kapiler.

Masalah kebocoran dan rembesan dapat terjadi di luar musim hujan namun akan lebih terasa di musim ini. Pencegahannya dapat dimulai saat membangun rumah, yaitu dengan memilih bahan bangunan berkualitas serta cara pengerjaan dinding yang tepat.

Namun jika kebocoran dan rembes sudah terjadi, diperlukan langkah penanganan. Ini dapat dilakukan dengan memperbaiki sumber bocoran atau rembesan, melapisi dinding dengan waterproofing, atau mengoreksi dinding dan kondisi bangunan baik luar maupun dalam yang terkena efek rembes atau bocor.

Untuk dinding retak rambut, cara penanganannya adalah dengan mengupas bagian yang retak lalu dan mengisinya dengan compound atau plamir dinding agar tahan air. Jika terjadi rembesan yang membentuk jalur air di dinding, ketahui dulu sumber kebocorannya. Perbaiki sumber kebocoran sebelum mengatasi noda pada dinding.

Jika Anda sedang merencanakan membangun atau merenovasi rumah, ini adalah saat yang tepat untuk melakukan tindakan pencegahan atas bocor dan rembes. Meski telah memercayakan pembangunan hunian pada kontraktor atau pemborong, selalu awasi proses pembangunannya sebagai bagian dari tindakan preventif Anda terhadap utilitas hunian Anda, mulai dari kualitas acian dan beton. Banyak kasus dinding rembes atau bocor disebabkan kualitas bahan yang buruk atau pengerjaan yang tidak tepat.

Gunakan Holcim Plesteran, mortar instan aplikasi plesteran bata ringan dengan ketebalan dianjurkan 3 mm, terbuat dari bahan dasar semen, pasir silica, dan bahan-bahan lainnya, untuk mendapatkan dinding kuat dan presisi. Komposisinya tepat dan tidak menyisakan rongga-rongga mikro yang menjadi ruang untuk air meresap. Jadikan makin kokoh dengan Holcim Acian, mortar instan berbahan dasar semen dan bahan-bahan lainnya untuk aplikasi pekerjaan acian pada dinding plesteran dan permukaan dinding beton.

Artikel Terkait
Rak Buku untuk Mempercantik Tampilan
16 March 2017

Untuk mengatasi semakin terbatasnya ruang dalam rumah modern, kini sudah sangat banyak ditemukan furnitur yang sekaligus berfungsi sebagai dekorasi

Jendela Besar untuk Kamar Tidur Terang dan Sehat
16 March 2017

Jendela adalah salah satu sumber cahaya alami untuk membangun rumah yang sehat sekaligus hemat energi

Nyaman dengan Kamar Tidur ala Resor
16 March 2017

Musim hujan seperti ini membuat Anda rindu hangatnya matahari dan suasana nyaman di resor.

Rencanakan dengan Jurnal Rumah

Mewujudkan rumah impian Anda
dimulai dari sekarang. Dengan Jurnal Rumah, Anda dapat
merencanakan pembangunan rumah dengan mudah dan lebih terstruktur.

Mulai
Produk

Holcim hadir memberikan solusi lengkap untuk bahan bangunan, mulai dari semen, beton siap pakai, hingga produk agregat.

Cari Tahu