BANGUN>INSPIRASI

Cegah "Retak Rambut" di Rumah Baru

Rumah baru tentunya menghadirkan keceriaan. Namun bagaimana jika retak rambut pada dinding mulai bermunculan pada dindingnya? Selain membuat estetika sebuah rumah berkurang, Anda tentu jadi tak nyaman tinggal di dalamnya. Untuk mencegahnya, bersama Holcim mari kita ulas penyebab dan cara mengatasi retak rambut pada dinding rumah baru. Berikut 3 solusi untuk memperbaiki retak rambut pada dinding tembok rumah baru:

  1. Menambal bagian retak
    Tambal bagian yang retak dengan menggunakan mortar acian, yaitu campuran antara semen dan air. Sebelum menambal, buka lapisan dalam yang retak, dengan lebar permukaan atau jarak dari kiri ke kanan sekitar 5 cm. Lalu siram permukaan dinding dan diamkan selama beberapa menit, dan mulailah menambal bagian yang retak dengan mortar acian dengan ketebalan sesuai dinding sebelah kiri dan kanan yang tidak retak. Tunggu hingga 2 minggu agar mengering sempurna, lalu lakukan pengecatan dengan warna cat yang sama dengan cat sebelumnya. Jika retak cukup banyak, sebaiknya buka lapisan plesteran dengan area lebih luas dan lakukan dengan cara yang sama di atas satu area dinding sehingga hasil catnya lebih homogen.

  2. Mencegah plesteran rontok
    Jika penyebab retak rambut diakibatkan rendahnya kualitas semen atau adukan dengan komposisi yang kurang tepat, Anda perlu menggunakan material yang terbukti berkualitas dan memiliki konsistensi campuran yang selalu terjaga. Gunakan plester dari campuran semen, filler dan aditif polimer sesuai takaran dan memiliki konsistensi campuran yang selalu terjaga kualitasnya. Alternatif lain, gunakan wall filler untuk menutup bagian retak.

  3. Pilih kontraktor terpercaya
    Dengan kontraktor dan pekerja tepercaya, tak hanya bisa memercayakan proses pengerjaan bangunan, Anda pun bisa berdiskusi untuk mengatur kebutuhan apa saja yang dipersiapkan untuk mengatasi retak rambut pada dinding. Selain memastikan semua hal yang mempengaruhi ketahanan dan keindahan rumah dikerjakan sebagaimana mestinya, Anda pun bisa mengontrol agar hasil akhir rumah sesuai dengan impian awal Anda.

Jika dibiarkan, retak rambut dapat menyebabkan dinding menjadi rembes. Jangan sampai rumah baru Anda tidak nyaman ditinggali karena hal sepele seperti ini. Cegah berbagai permasalahan bangunan, termasuk retak rambut dan permukaan dinding yang tidak merata di rumah baru Anda dengan memilih semen berformula khusus yang memiliki butiran halus sehingga semen mudah diaduk dan dapat diaplikasikan secara maksimal. Serta menggunakan semen dengan kandungan Micro Filler Particle yang bisa membuat hasil bangunan kuat dan permukaan halus.

Artikel Terkait
Rak Buku untuk Mempercantik Tampilan
Thursday, 16.03.2017

Untuk mengatasi semakin terbatasnya ruang dalam rumah modern, kini sudah sangat banyak ditemukan furnitur yang sekaligus berfungsi sebagai dekorasi

Jendela Besar untuk Kamar Tidur Terang dan Sehat
Thursday, 16.03.2017

Jendela adalah salah satu sumber cahaya alami untuk membangun rumah yang sehat sekaligus hemat energi

Nyaman dengan Kamar Tidur ala Resor
Thursday, 16.03.2017

Musim hujan seperti ini membuat Anda rindu hangatnya matahari dan suasana nyaman di resor.

Rencanakan dengan Jurnal Rumah

Mewujudkan rumah impian Anda
dimulai dari sekarang. Dengan Jurnal Rumah, Anda dapat
merencanakan pembangunan rumah dengan mudah dan lebih terstruktur.

Mulai
Produk

Holcim hadir memberikan solusi lengkap untuk bahan bangunan, mulai dari semen, beton siap pakai, hingga produk agregat.

Cari Tahu