Agar Rumah Aman dan Nyaman bagi Lansia

Usia yang bertambah membuat kemampuan fisik maupun psikis orang tua Anda berkurang. Rumah tempat Anda tumbuh besar yang sebelumnya tanpa masalah, kini perlu perhatian ekstra agar orang tua Anda nyaman tinggal di dalamnya.  Agar tenang, Anda bisa melakukan renovasi demi kenyamanan mereka. Sebelum memutuskan melakukan renovasi, sempatkan memeriksa bagian-bagian rumah berikut:

  1. Hindari benda-benda licin

Salah satu kasus kecelakaan yang kerap menimpa orang tua adalah terpeleset di kamar mandi. Keset, dan lantai kamar mandi yang jarang dibersihkan bisa berisiko licin. Anda bisa mengganti ubin kamar mandi dan memastikan keset yang digunakan anti slip. Pastikan juga karpet di ruang tamu atau ruang keluarga tak licin agar orangtua aman menjalankan aktivitas sehari-hari.

  1. Kelistrikan dan barang-barang elektronik

Periksa sumber listrik seperti saklar, steker, dan sumber listrik lainnya. Bisa jadi ada yang tak lagi menempel erat pada dinding. Selain itu, kemungkinan barang-barang elektronik yang ada di rumah orangtua sudah berumur lama. Ketahanan produknya sudah menurun seperti mulai mudah panas atau ada kabel-kabel yang terkelupas dan menjulur. Tata ulang dan beli yang baru bila perlu untuk mencegah korsleting atau kemungkinan orang tua tersandung kabel.

  1. Ganti warna interior dengan warna cerah

Masalah penglihatan umum terjadi pada lansia. Warna-warna solid yang cerah atau kontras bisa membantu mereka mengenali ruangan. Anda bisa mengaplikasikannya pada area berpotensi bahaya seperti tangga atau lantai yang tak rata.

  1. Buat pencahayaan yang bersahabat

Selain membantu pencahayaan di siang hari, cahaya alami dari matahari juga menghemat listrik dan membantu memperlancar sirkulasi udara agar kesehatan penghuninya terjaga. Namun Anda tetap membutuhkan lampu listrik untuk pencahayaan dalam ruang, apalagi di malam hari. Pilih lampu yang cukup terang namun tidak silau agar mata orang tua Anda tidak terganggu saat beraktivitas.

  1. Buat pegangan tangan bila perlu

Jika kondisi fisik orang tua Anda tak memungkinkan, Anda bisa memasang hand rail pada dinding untuk membantu mereka menjaga keseimbangan saat berjalan. Selain di dinding, Anda juga bisa memasang hand rail di beberapa tempat yang rawan, seperti kamar mandi atau area sekitar tangga.  

Rumah impian bukan hanya milik Anda, tapi juga orang tua Anda. Sebagai bentuk terima kasih Anda, berikan rumah impian yang nyaman dan dibangun dari bahan-bahan bangunan berkualitas terbaik.

Artikel Terkait
Rak Buku untuk Mempercantik Tampilan
16 March 2017

Untuk mengatasi semakin terbatasnya ruang dalam rumah modern, kini sudah sangat banyak ditemukan furnitur yang sekaligus berfungsi sebagai dekorasi

Jendela Besar untuk Kamar Tidur Terang dan Sehat
16 March 2017

Jendela adalah salah satu sumber cahaya alami untuk membangun rumah yang sehat sekaligus hemat energi

Nyaman dengan Kamar Tidur ala Resor
16 March 2017

Musim hujan seperti ini membuat Anda rindu hangatnya matahari dan suasana nyaman di resor.

Rencanakan dengan Jurnal Rumah

Mewujudkan rumah impian Anda
dimulai dari sekarang. Dengan Jurnal Rumah, Anda dapat
merencanakan pembangunan rumah dengan mudah dan lebih terstruktur.

Mulai
Produk

Holcim hadir memberikan solusi lengkap untuk bahan bangunan, mulai dari semen, beton siap pakai, hingga produk agregat.

Cari Tahu