BANGUN>INSPIRASI

7 Pekerjaan Struktur Bangunan yang Harus Anda Awasi

Mewujudkan rumah impian memerlukan proses yang tidak singkat. Agar bisa memastikan hasil akhirnya sesuai impian, Anda perlu terlibat aktif dari tahap awal hingga akhir, khususnya di fase pembangunan. Jangan ragu untuk bertanya pada tim developer atau datang langsung ke lokasi agar bisa memastikan Anda tahu setiap perkembangan rumah impian Anda, terutama saat pengerjaan struktur karena struktur akan menentukan bentuk dan kekuatan bangunan rumah Anda nantinya. Saat datang ke lokasi, periksa dan pastikan proses pengerjaan elemen-elemen struktur rumah berikut ini:

  1. Pengerjaan pondasi

Pondasi sangat menentukan kekuatan dan kekokohan rumah karena berfungsi menyangga seluruh beban rumah, mulai dari beban dinding, plafon, atap, dan bangunan di atasnya, jika Anda memutuskan akan membangun rumah dua lantai atau lebih. Pondasi rumah umumnya menggunakan pasangan batu belah dengan perekat adukan semen dan pasir.

  1. Pengerjaan struktur beton

Struktur beton berfungsi memperkuat pondasi, “mengikat” sambungan dinding, melindungi dinding bagian bawah agar pondasi dinding tidak pecah apabila terjadi pergerakan tanah, dan mengikat dinding bagian atas dan membagi rata beban yang dipikulnya ke setiap ujung beton kolom. Awasi agar konstruksi dikerjakan dengan tepat dan dengan spesifikasi bahan bangunan yang sesuai agar kuat dan stabil.

  1. Pengerjaan dinding

Keindahan dinding, baik kehalusan maupun kedataran dinding, ditentukan dari pemasangan bata, plesteran hingga acian. Hasil dari plesteran dan acian sangat tergantung dari kualitas bahan yang digunakan. Gunakan rangkaian Holcim Mortar yang berbahan dasar semen, pasir silica pilihan, dan bahan tambahan lainnya untuk tiap tahapan pengerjaan dinding, mulai dari Holcim Pasangan, Holcim Plesteran, dan Holcim Acian, tiga langkah menuju dinding sempurna.

  1. Pengerjaan rangka atap

Saat ini baja ringan jadi pilihan yang populer untuk rangka atap hunian. Dibandingkan dengan rangka atap kayu, rangka atap baja ringan tahan hingga 25 tahun dan bebas ancaman rayap. Apapun material yang Anda pilih untuk rangka atap, pastikan Anda tahu pasti kualitas material yang digunakan saat pengerjaan, mendapatkan garansi dari toko material, dan pastikan kontraktor atau pekerja Anda memahami karakter dan proses pengerjaan rangka atap.

  1. Pengerjaan instalasi air dan listrik

Pekerjaan yang termasuk dalam tahapan ini adalah pemasangan toilet, wastafel, bak mandi atau bath tub, kran, dan jika ada, pemanas air. Periksa pemasangan saluran instalasi air bersih dan pengolahan air kotor. Kemudian awasi pemasangan jaringan kabel listrik, kotak sekring, saklar, dan titik-titik lampu penerangan.

  1. Pengerjaan plafon

Apapun material plafon yang Anda pilih, besi berongga (hollow) atau gypsum, pastikan Anda memilih bahan berkualitas baik agar plafon kuat dan aman, bebas dari kemungkinan ambruk di masa depan. Awasi juga proses pengerjaannya, baik oleh jasa kontraktor atau tukang. Jangan ragu mengomunikasikan setiap pertanyaan atau keraguan Anda yang muncul saat proses pengerjaan.

  1. Pengerjaan kusen, pintu, dan jendela

Periksa arah bukaan pintu dan jendela karena akan memengaruhi pergerakan Anda sehari-hari di rumah. Lapisi kayu yang digunakan dengan pelitur atau cat khusus kayu. Jangan lupa perhatikan pemasangan kunci dan pegangan pintu atau jendela.

Semua orang tentu ingin membangun rumah sesuai dengan anggaran dan target Dengan adanya mengawasi proses pengerjaan bangunan, Anda dapat mengontrol agar proses pembangunannya sesuai target dan meminimalisir hal-hal yang tak diinginkan terjadi.

Artikel Terkait
Rak Buku untuk Mempercantik Tampilan
Thursday, 16.03.2017

Untuk mengatasi semakin terbatasnya ruang dalam rumah modern, kini sudah sangat banyak ditemukan furnitur yang sekaligus berfungsi sebagai dekorasi

Jendela Besar untuk Kamar Tidur Terang dan Sehat
Thursday, 16.03.2017

Jendela adalah salah satu sumber cahaya alami untuk membangun rumah yang sehat sekaligus hemat energi

Nyaman dengan Kamar Tidur ala Resor
Thursday, 16.03.2017

Musim hujan seperti ini membuat Anda rindu hangatnya matahari dan suasana nyaman di resor.

Rencanakan dengan Jurnal Rumah

Mewujudkan rumah impian Anda
dimulai dari sekarang. Dengan Jurnal Rumah, Anda dapat
merencanakan pembangunan rumah dengan mudah dan lebih terstruktur.

Mulai
Produk

Holcim hadir memberikan solusi lengkap untuk bahan bangunan, mulai dari semen, beton siap pakai, hingga produk agregat.

Cari Tahu