5 Langkah Membersihkan Rumah Saat Musim Penghujan

Meski rumah Anda bebas banjir, musim hujan tetap memunculkan masalah tersendiri bagi hunian. Salah satunya masalah kebersihan. Apa saja langkah-langkah bersih-bersih di musim hujan dan bagian rumah mana saja yang perlu diperhatikan?

  1. Cek saluran pembuangan secara rutin

Dengan naiknya debit air di musim hujan, saluran pembuangan biasanya akan mengalami masalah penyumbatan atau kepenuhan. Ini karena got dan selokan mengalami pengendapan sampah. Akibatnya terjadi pendangkalan hingga tak mampu membuang air dengan baik, bahkan mampet. Jika ini telanjur terjadi, lakukan perbaikan saluran setelah hujan usai. Sebagai pencegahan kejadian berikutnya, bersihkan got dan selokan secara rutin untuk mencegah pengendapan sampah. Selain itu, untuk mencegah kebocoran saluran pembuangan di area dalam rumah,  tambal nat pada sela-sela lantai dengan kuat agar air tidak merembes. Bila perlu, peninggian lantai pun bisa dipertimbangkan. 

  1. Segera bersihkan dinding

Cipratan air hujan di pekarangan tanah sering membuat dinding luar jadi bebercak-bercak dan kotor. Segera bersihkan agar bercaknya tidak berkerak dan menjadi bercak permanen atau tumbuh jamur setelah hujan reda. Gunakan busa spons atau kain basah. Agar memudahkan pembersihan, pilih cat yang mudah dibersihkan atau memiliki lapisan anti air dan anti jamur.

  1. Bersihkan lantai rumah dengan disinfektan

Di musim hujan, penyakit jadi lebih cepat menyebar, mulai dari diare, influenza, demam, kolera, penyakit kulit, dan beragam penyakit yang disebabkan kotoran binatang. Selain genangan air yang memungkinkan nyamuk demam berdarah berkembang biak.

Agar terhindar dari ancaman penyakit tersebut dan mengantisipasi kehadiran lalat atau serangga penyebar penyakit, lakukan pembersihan rutin di rumah dengan menggunakan disinfektan. Selain dengan mengepel atau menyemprot ruangan dengan disinfektan, kuras dan bersihkan wadah penampungan air untuk mencegah jentik nyamuk berkembang biak.

  1. Cek atap dan talang air

Sebagai langkah pencegahan, selagi cuaca cerah, periksa apakah atap mengalami kebocoran atau saluran talang mampet. Jika Anda menemukan kebocoran atau penyumbatan, segera benahi. Kebocoran kecil akan berdampak besar jika didiamkan. Selain memperbesar kerusakan atap, juga menambah masalah pada bagian dalam rumah karena akan membuat udara dalam ruangan menjadi lembap. 

Selain kebocoran pada atap dan talang air yang tersumbat, masalah lainnya adalah rembesan pada tembok. Hujan dengan frekuensi lama akan menimbulkan rembesan pada tembok jika dinding luar tidak diplester. Untuk menghindari rembesan selanjutnya, plester dinding bagian luar dengan menggunakan semen berkualitas terbaik. 

  1. Buat sumur resapan

Untuk mengurangi volume dan lokasi genangan air, buat sumur resapan dalam bentuk biopori. Sumur biopori bisa diposisikan pada halaman depan maupun belakang, atau di area sekitar rumah. Selain untuk mengurangi genangan saat musim hujan, di musim kemarau Anda bisa memanfaatkan sumur biopori sebagai cadangan air tanah.

Frekuensi perawatan rumah di musim penghujan memang akan jauh lebih sering daripada musim kemarau. Namun demi kenyamanan Anda dan keluarga, tak masalah bukan?

Untuk mempermudah perawatan bangunan di segala cuaca, gunakan bahan bangunan berkualitas terbaik saat membangun atau merenovasi rumah. Semen PowerMax dari Holcim hadir dengan teknologi inovasi terbaru untuk struktur yang kuat dan tahan lama menghadapi cuaca apapun, diformulasikan Micro Filler Particle dan ‘strength agent’. Hasilnya, struktur bangunan halus minim keropos dan pemadatan lebih sempurna karena adukan beton yang pulen. Pekerjaan pun selesai lebih cepat karena proses pemadatan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Artikel Terkait
Rak Buku untuk Mempercantik Tampilan
16 March 2017

Untuk mengatasi semakin terbatasnya ruang dalam rumah modern, kini sudah sangat banyak ditemukan furnitur yang sekaligus berfungsi sebagai dekorasi

Jendela Besar untuk Kamar Tidur Terang dan Sehat
16 March 2017

Jendela adalah salah satu sumber cahaya alami untuk membangun rumah yang sehat sekaligus hemat energi

Nyaman dengan Kamar Tidur ala Resor
16 March 2017

Musim hujan seperti ini membuat Anda rindu hangatnya matahari dan suasana nyaman di resor.

Simulasikan Biaya dengan Jurnal Rumah

Dengan Jurnal Rumah, membangun rumah terasa lebih menyenangkan. Gunakan fitur Simulasi Biaya untuk menghitung estimasi biaya pembangunan rumah impian Anda.

MULAI >
Produk

Holcim hadir memberikan solusi lengkap untuk bahan bangunan, mulai dari semen, beton siap pakai, hingga produk agregat.

Cari Tahu