5 Home Appliances Wajib untuk “Rumah Pintar”

Perkembangan teknologi memang menjadikan hampir semua aktivitas sehari-hari semakin mudah, termasuk untuk peralatan rumah tangga. Hal ini membuat konsep “Smart Home” atau “rumah pintar” makin digemari. Pada dasarnya, Smart Home atau rumah pintar adalah rumah yang dilengkapi peralatan dengan teknologi terkini yang terintegrasi satu sama lain untuk mendukung kebutuhan dan gaya hidup penghuninya.

Ingin ‘menyulap’ rumah Anda menjadi rumah pintar? Tak harus mengganti semua peralatan rumah tangga.  Salah satu cara membangun rumah pintar adalah dengan mulai melengkapi rumah dengan home appliances sebagai berikut:

  1. Lampu otomatis

Lampu pintar dengan sensor cahaya jadi cara cermat untuk menghemat daya listrik daripada harus menyalakan lampu teras atau lampu taman seharian ketika penghuni meninggalkan rumah dalam jangka lama. Dengan teknologi ini, lampu akan otomatis menyala ketika hari gelap dan padam saat hari kembali terang. Bahkan kini ada pula lampu pintar yang dilengkapi saklar otomatis. Teknologi ini memanfaatkan sensor inframerah yang dapat mendeteksi gerakan dan suara untuk menyalakan atau mematikan lampu secara otomatis.

  1. Air purifier

Sering bersin, alergi, atau sesak napas? Gangguan pernapasan ini bisa timbul akibat kondisi udara yang buruk di dalam rumah. Air purifier atau penjernih udara bisa membantu Anda membersihkan udara dalam ruangan pada hunian dari debu, polusi, asap, serta beragam jamur, virus, dan bakteri, lebih efektif dari penyedot debu. Beberapa produk air purifier juga dilengkapi teknologi seperti activated carbon untuk menyerap bau tak sedap seperti asap rokok atau bau khas hewan peliharaan.

  1. Perangkat dapur terkini

Ada begitu banyak peralatan pintar di dapur yang membuat Anda tak repot lagi membuat berbagai resep yang rumit dan perlu waktu. Membuat daging giling dengan meat grinder otomatis, pengupas buah dan sayuran otomatis, bahkan food processor dengan berbagai opsi mulai dari puree hingga smoothie, hingga coffee maker yang bisa membuat Anda jadi barista seketika tak hanya membuat proses memasak Anda lebih mudah dan cepat, namun juga lebih menyenangkan.

  1. Kamera pengaman

Tidak ada salahnya memasang kamera pengawas atau CCTV pada hunian pribadi. Selain untuk keamanan, kamera pengawas juga bermanfaat untuk mengawasi anak yang sedang Anda titipkan ke asisten rumah tangga di rumah. Anda bisa menghubungkan CCTV di kamar anak atau ruang keluarga dengan gadget sehingga Anda bisa memantau buah hati dengan mudah dari mana saja dan kapan saja, cukup dari smartphone.

Tidak ada salahnya “mencicil” konsep rumah pintar dari sekarang. Untuk jangka panjang, rumah pintar dapat meningkatkan nilai hunian Anda, serta memudahkan penghuni dari segi waktu setiap harinya. Yang perlu Anda ingat, rumah pintar tak cuma sekadar teknologi canggih tapi juga pemilihan material bangunan berkualitas.

Mewujudkan “rumah pintar” juga bisa dimulai dari bahan bangunannya, seperti memilih semen dengan inovasi terkini. Pilih Semen PowerMax dari Holcim. Diformulasikan dengan Micro Filler Particle dan strength agent, PowerMax menghasilkan campuran yang konsisten dan pemadatan yang sempurna, mempermudah proses pengecoran dan mengurangi risiko perbaikan pekerjaan. Butiran mineral mikro halus Micro Filler Particle mampu mengisi rongga dengan sempurna sehingga dinding merekat lebih kuat dengan hasil akhir permukaan yang lebih halus, menyempurnakan “rumah pintar” Anda secara menyeluruh.

Artikel Terkait
Rak Buku untuk Mempercantik Tampilan
16 March 2017

Untuk mengatasi semakin terbatasnya ruang dalam rumah modern, kini sudah sangat banyak ditemukan furnitur yang sekaligus berfungsi sebagai dekorasi

Jendela Besar untuk Kamar Tidur Terang dan Sehat
16 March 2017

Jendela adalah salah satu sumber cahaya alami untuk membangun rumah yang sehat sekaligus hemat energi

Nyaman dengan Kamar Tidur ala Resor
16 March 2017

Musim hujan seperti ini membuat Anda rindu hangatnya matahari dan suasana nyaman di resor.

Simulasikan Biaya dengan Jurnal Rumah

Dengan Jurnal Rumah, membangun rumah terasa lebih menyenangkan. Gunakan fitur Simulasi Biaya untuk menghitung estimasi biaya pembangunan rumah impian Anda.

MULAI >
Produk

Holcim hadir memberikan solusi lengkap untuk bahan bangunan, mulai dari semen, beton siap pakai, hingga produk agregat.

Cari Tahu