5 Cara Membuat Smart Home Lebih Aman dari Keingintahuan Anak

Wajar jika anak memiliki jiwa eksplorasi yang tinggi, apalagi jika ia sudah mulai bisa berjalan. Banyak hal yang ingin ia lihat, dengar, raba, dan rasakan, termasuk ragam benda elektronik dan peralatan rumah tangga pintar di rumah Anda.  Sayangnya, anak sering belum paham akibat keingintahuannya. Meski sulit membatasi rasa penasaran anak, langkah pencegahan tetap bisa Anda lakukan agar anak tidak iseng mengubah setelan asisten pintar di rumah dan melindunginya dari kejadian tak diinginkan. Simak 5 langkah melindungi anak dan peralatan rumah tangga pintar Anda berikut ini:

  1. Jauhkan dari jangkauan anak

Bila peranti pintar di rumah Anda terhubung dengan gadget, pisahkan gadget yang biasa digunakan oleh anak dengan yang untuk peralatan rumah tangga. Pasang kata sandi agar lebih aman. Kemudian, simpan remote AC, TV dan alat kontrol peranti pintar lainnya dengan baik. Jangan sekedar menaruhnya di atas sofa atau tempat tidur.

  1. Lindungi peralatan elektronik

Rata-rata stop kontak menempel di permukaan dinding dengan ketinggian yang mudah dijangkau oleh anak-anak. Agar terhindar dari bahaya sengatan listrik, gunakan penutup stop kontak yang kini makin banyak variannya. Manfaatkan juga kotak pengaman untuk menaruh terminal listrik. Rapikan untaian kabel listrik di hunian Anda agar tidak menarik perhatian anak. Rapikan kabel menempel ke dinding, bila perlu pasang klem kabel atau zip ties untuk merapikan kabel dan mencegah anak jatuh akibat tersandung.

  1. Amankan area dapur

Memasak bisa jadi salah satu aktivitas yang membantu menstimulasi kemampuan motorik anak. Siapa tahu, keingintahuan anak di dapur bisa jadi langkah awalnya jadi koki ternama. Tapi tetap pertimbangkan keamanan anak sebelum memutuskan mengizinkan ia masuk ke dapur. Sesuaikan kondisi dapur dengan usia anak. Menurut BBC, sebenarnya anak usia 18 bulan sudah boleh masuk ke dapur, dengan catatan pastikan benda-benda berbahaya seperti panci, wajan, makanan atau minuman panas, minyak, pisau, dan pembersih dapur dari jangkauan anak. Pastikan lantai dapur selalu kering dan bersih agar anak tidak terpeleset.

Untuk anak usia 18 bulan ke atas sampai di bawah 3 tahun, berikan ia kesempatan untuk mencuci sayuran atau mengaduk adonan kue, dengan bimbingan Anda tentunya. Seiring pertambahan usia anak, berikan ia kebebasan untuk membantu di dapur.

  1. Ingatkan anak untuk hati-hati

Menganggap anak belum mengerti apa-apa adalah tindakan yang salah. Tak sekadar melarang, Anda berkewajiban untuk mengajari anak berbagai peraturan berkaitan dengan peranti pintar di rumah Anda. Latih mereka untuk menaatinya, misalnya tidak main dekat kompor atau menekan tombol-tombol tertentu di rumah. 

  1. Ajari anak cara penggunaannya

Peralatan elektronik dan berbagai peranti pintar di rumah bukanlah peralatan yang tidak boleh disentuh sama sekali. Apalagi fungsi peranti pintar tersebut adalah untuk mempermudah hidup Anda dan keluarga. Seiring bertambahnya usia anak, mulai kenalkan satu persatu peranti pintar di dalam hunian beserta cara penggunaannya yang baik dan benar. Mulai dari peralatan yang paling sederhana, misalnya remote televisi. Anda juga bisa sekalian mengajarkan pula pada anak kebiasaan untuk menghemat listrik.

Yang terpenting, ajari anak agar terbiasa dan bijak menggunakan peralatan pintar di rumah, agar Anda dan keluarga jadi selangkah lebih dekat mewujudkan rumah pintar yang nyaman dan aman.

Jadikan rumah pintar Anda aman tak cuma bagi anak namun juga generasi berikutnya dengan struktur bangunan yang kuat, tahan lama dan minim keropos. Gunakan Semen PowerMax dari Holcim yang diformulasikan dengan Micro Filler Particle dan strength agent, menghasilkan campuran yang konsisten dan pemadatan yang sempurna, mempermudah proses pengecoran dan mengurangi risiko perbaikan pekerjaan. “Rumah pintar” Anda pun aman dan nyaman hingga generasi berikutnya.

Artikel Terkait
Rak Buku untuk Mempercantik Tampilan
16 March 2017

Untuk mengatasi semakin terbatasnya ruang dalam rumah modern, kini sudah sangat banyak ditemukan furnitur yang sekaligus berfungsi sebagai dekorasi

Jendela Besar untuk Kamar Tidur Terang dan Sehat
16 March 2017

Jendela adalah salah satu sumber cahaya alami untuk membangun rumah yang sehat sekaligus hemat energi

Nyaman dengan Kamar Tidur ala Resor
16 March 2017

Musim hujan seperti ini membuat Anda rindu hangatnya matahari dan suasana nyaman di resor.

Simulasikan Biaya dengan Jurnal Rumah

Dengan Jurnal Rumah, membangun rumah terasa lebih menyenangkan. Gunakan fitur Simulasi Biaya untuk menghitung estimasi biaya pembangunan rumah impian Anda.

MULAI >
Produk

Holcim hadir memberikan solusi lengkap untuk bahan bangunan, mulai dari semen, beton siap pakai, hingga produk agregat.

Cari Tahu