5 Cara Cerdas dan Mudah Menghadirkan Rumah Ramah Lingkungan

Sebuah proyek penelitian gabungan antara Public Architecture, Habitat for Humanity International, dan American Institute of Architect membuktikan bahwa rumah ramah lingkungan dapat memberikan pengaruh positif bagi para penghuninya, antara lain mempererat komunikasi antar penghuninya dan menumbuhkan kesadaran untuk selalu menjaga kebersihan rumah. Mewujudkan rumah ramah lingkungan memang tidak dilakukan dalam satu malam. Lakukan cara-cara cerdas di bawah ini untuk mewujudkan rumah Anda menjadi hunian yang ramah lingkungan.

  1. Mengelola air dengan bijak

Untuk mengantisipasi krisis air bersih, kembangkan sistem pengurangan pemakaian air (reduce) misalnya saat mencuci piring, Anda bisa mengurangi volume air yang dipakai mencuci. Setelah itu, gunakan kembali (reuse) air hasil cuci piring tersebut untuk keperluan yang lain misalnya untuk menyiram tanaman. Tak hanya itu, Anda juga bisa mendaur ulang buangan air bersih (recyle). Misalnya mendaur ulang air hujan menjadi air minum dengan proses filtrasi. Terakhir, Anda bisa membuat sumur resapan atau lubang biopori yang bermanfaat untuk mengisi dan menyimpan kembali air di dalam tanah (recharge).

  1. Kurangi penggunaan kantong plastik

Menghadirkan rumah ramah lingkungan diawali dari kebiasaan penghuninya. Anda yang sudah terbiasa memakai kantong plastik saat berbelanja di toko, mulailah untuk mengurangi atau bahkan membawa sendiri kantong belanja Anda. Kantong plastik akan menjadi sampah sangat sulit terurai secara alami, bahkan perlu waktu ratusan tahun agar sebuah kantong plastik dapat terurai.

  1. Gunakan produk berlogo bintang

Sebuah rumah rata-rata menghasilkan emisi gas rumah kaca 2 kali lebih banyak dibandingkan mobil. Sumbernya adalah perangkat elektronik yang boros energi dan belum memenuhi standar internasional ramah lingkungan. Dengan membeli perangkat elektronik berlogo bintang “Energy Star”, Anda turut berkontribusi mengurangi emisi gas rumah kaca dan bisa memangkas sepertiga total tagihan listrik Anda.

  1. Perhatikan desain bangunan

Desain rumah yang ramah lingkungan memiliki banyak bukaan, baik pintu, jendela maupun ventilasi, untuk memaksimalkan sirkulasi udara dan cahaya alami.  Pertukaran udara segar dari luar rumah dengan udara dari dalam rumah yang berjalan lancar membuat ruangan lebih segar, membantu Anda mengurangi penggunaan penyejuk udara. Rumah dengan cahaya alami membuat rumah tak lembap dan mengurangi penggunaan lampu di siang hari. Selain itu, jika memungkinkan, manfaatkan area atap menjadi taman atap. Tak cuma mempercantik hunian tapi juga memiliki nilai ekologis tinggi.

  1. Cermat memilih material

Penggunaan material bahan bangunan berperan besar dalam menghasilkan rumah berkualitas yang ramah lingkungan. Kini sudah banyak produsen material bangunan yang telah membuat produk dengan inovasi baru yang meminimalkan terjadinya kontaminasi lingkungan demi menjaga kelestarian lingkungan dan bumi.

Salah satu material yang bisa digunakan untuk mendukung rumah ramah lingkungan adalah Holcim WallMax. Produk inovasi dari Holcim ini membuat aplikasi dinding pada proses pembangunan hunian yang Anda miliki tampak lebih halus dan indah, berkat formula Micro Filler Particle dan ‘smoothing agent’.  Selain membuat dinding kuat dan minim retak, Anda pun hanya memerlukan sekitar 30% air dari berat semen yang digunakan. Pekerjaan Anda pun lebih cepat selesai dengan daya rekat yang tinggi sehingga menghindari mortar yang terbuang percuma.

Artikel Terkait
Rak Buku untuk Mempercantik Tampilan
16 March 2017

Untuk mengatasi semakin terbatasnya ruang dalam rumah modern, kini sudah sangat banyak ditemukan furnitur yang sekaligus berfungsi sebagai dekorasi

Jendela Besar untuk Kamar Tidur Terang dan Sehat
16 March 2017

Jendela adalah salah satu sumber cahaya alami untuk membangun rumah yang sehat sekaligus hemat energi

Nyaman dengan Kamar Tidur ala Resor
16 March 2017

Musim hujan seperti ini membuat Anda rindu hangatnya matahari dan suasana nyaman di resor.

Simulasikan Biaya dengan Jurnal Rumah

Dengan Jurnal Rumah, membangun rumah terasa lebih menyenangkan. Gunakan fitur Simulasi Biaya untuk menghitung estimasi biaya pembangunan rumah impian Anda.

MULAI >
Produk

Holcim hadir memberikan solusi lengkap untuk bahan bangunan, mulai dari semen, beton siap pakai, hingga produk agregat.

Cari Tahu